Selasa, 08 Mei 2018

telaah silabus rpp quran hadist kelas xi



TELAAH MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
MATA PELAJARAN QUR’AN HADIST KELAS XI SEMESTER GANJIL KURIKULUM 2013
DI MA SALAFIYAH SYAF’IYAH HADIRUL ULUM , KEDUNGPEDATI-TASIKREJO-ULUJAMI-PEMALANG

Kompetensi Inti (KI) :
KI-1 :  Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI-2 :  Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai) santun, rensponsif dan  proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI-3 :  Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang  kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah 
KI-4 :  Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan

SILABUS
RPP
BUKU AJAR
KETERANGAN
Kompetensi Dasar
Indikator
Kompetensi Dasar
Indikator
1,1. Menghayati nilai-nilai yang terkait dengan taat pada orang tua dan guru sebagaimana tuntunan AlQur’an dan hadis
1.1.1.Membiasakan diri menanamkan nilai-nilai yang terkait dengan taat pada orang tua dan guru sebagaimana tuntunan AlQur’an dan hadis
1.1. Menghayati nilai-nilai yang terkait dengan taat pada orang tua dan guru sebagaimana tuntunan AlQur’an dan hadis
1.1.1.Membiasakan diri menanamkan nilai-nilai yang terkait dengan taat pada orang tua dan guru sebagaimana tuntunan AlQur’an dan hadis
BAB  I

Hidup bekah dengan menghormati dan mematuhi orang tua dan guru

Buku Siswa Al-Quran Hadist Kelas XI /Kemeterian Agama,-Jakarta : Kementerian Agama Cetakan Ke-1 Tahun 2015.
Hlm. 1-14
Silabus, RPP dan Buku Ajar Sesuai
2.1. Menunjukkan perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru sebagai implementasi dari pemahaman Surah  al-Isra’ (17): 23–24; Surah  Lukman (31): 13–17; hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah, hadis riwayat Al-Bukhari dan Muslim dari Abdullah bin Amru
2.1.1.Mengiplementasikan perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru
2.1. Menunjukkan perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru sebagai implementasi dari pemahaman Surah  al-Isra’ (17): 23–24; Surah  Lukman (31): 13–17; hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah, hadis riwayat Al-Bukhari dan Muslim dari Abdullah bin Amru
2.1.1.Mengiplementasikan perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru
Silabus, RPP dan Buku Ajar Sesuai
3.1. Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru pada Surah  al-Isra’ (17) :23–24; Surah  Lukman (31): 13–17; hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah, hadis riwayat Al-Bukhari dan Muslim dari Abdullah bin Amru
3.1.1. Menerjemahkan ayat-ayat Al-Qur’an tentang perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru pada Surah  al-Isra’ (17) :23–24; Surah  Lukman (31): 13–17; hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah
3.1.2. Menjelaskan isi kandungan ayat-ayat dan hadist tersebut
3.1.3. Menafsirkan ayat-ayat dan hadist tersebut
3.1. Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru pada Surah  al-Isra’ (17) :23–24; Surah  Lukman (31): 13–17; hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah, hadis riwayat Al-Bukhari dan Muslim dari Abdullah bin Amru
3.1.1.Menerjemahkan ayat-ayat Al-Qur’an tentang perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru pada Surah  al-Isra’ (17) :23–24; Surah  Lukman (31): 13–17; hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah
3.1.2. Menjelaskan isi kandungan ayat-ayat dan hadist tersebut
3.1.3. Menafsirkan ayat-ayat dan hadist tersebut
Silabus, RPP dan Buku Ajar Sesuai
4.1. Menghafalkan ayat-ayat Al-Qur’an tentang perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru pada Surah  al-Isra’ (17): 23–24; Surah  Lukman (31): 13–17; hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah, hadis riwayat Al-Bukhari dan Muslim dari Abdullah bin Amru

4.1.1. Melafalkan dengan fasih ayat-ayat Al-Qur’an tentang perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru pada Surah  al-Isra’ (17) :23–24; Surah  Lukman (31): 13–17; hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah
4.1.2.Melafalkan denga lancar ayat-ayat Al-Qur’an dan hadist tersebut
4.1.3.Melafalkan denga benar ayat-ayat Al-Qur’an dan hadist tersebut
4.1. Menghafalkan ayat-ayat Al-Qur’an tentang perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru pada Surah  al-Isra’ (17): 23–24; Surah  Lukman (31): 13–17; hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah, hadis riwayat Al-Bukhari dan Muslim dari Abdullah bin Amru

4.1.1. Melafalkan dengan fasih ayat-ayat Al-Qur’an tentang perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru pada Surah  al-Isra’ (17) :23–24; Surah  Lukman (31): 13–17; hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah
4.1.2.Melafalkan denga lancar ayat-ayat Al-Qur’an dan hadist tersebut
4.1.3.Melafalkan denga benar ayat-ayat Al-Qur’an dan hadist tersebut
Silabus, RPP dan Buku Ajar Sesuai

1.2. Menghayati nilai-nilai yang terkait dengan mujahadah al-nafs, husnuzan dan ukhuwah
1.2.1. Membiasakan diri menanamkan nilai-nilai yang terkait dengan mujahadah al-nafs, husnuzan dan ukhuwah
1.2. Menghayati nilai-nilai yang terkait dengan mujahadah al-nafs, husnuzan dan ukhuwah
1.2.1. Membiasakan diri menanamkan nilai-nilai yang terkait dengan mujahadah al-nafs, husnuzan dan ukhuwah
Bab II

Hidup Lebih damai dengan Mujahadatun Nafs, Husnuz Zann, dan Ukhuwah

Buku Siswa Al-Quran Hadist Kelas XI /Kemeterian Agama,-Jakarta : Kementerian Agama Cetakan Ke-1 Tahun 2015.
Hlm.17-31
Silabus, RPP dan Buku Ajar Sesuai
2.2.
Menunjukkan perilaku kontrol diri (mujahadatun- nafs), prasangka baik (husnuz-zann), dan persaudaraan (ukhuwah) yang terdapat Surah Al- Anfal (8) : 72; Q.S. Al- Hujurat (49): 12,  Q.S. Al-Hujurat (49): 10; serta hadis riwayat Al- Bukhari dari Abu Hurairah
2.2.1.
Mengimplementasikan perilaku kontrol diri (mujahadatun- nafs), prasangka baik (husnuz-zann), dan persaudaraan (ukhuwah) yang terdapat Surah Al- Anfal (8) : 72; Q.S. Al- Hujurat (49): 12,  Q.S. Al-Hujurat (49): 10; serta hadis riwayat Al- Bukhari dari Abu Hurairah
2.2.
Menunjukkan perilaku kontrol diri (mujahadatun- nafs), prasangka baik (husnuz-zann), dan persaudaraan (ukhuwah) yang terdapat Surah Al- Anfal (8) : 72; Q.S. Al- Hujurat (49): 12,  Q.S. Al-Hujurat (49): 10; serta hadis riwayat Al- Bukhari dari Abu Hurairah
2.2.1.
Mengimplementasikan perilaku kontrol diri (mujahadatun- nafs), prasangka baik (husnuz-zann), dan persaudaraan (ukhuwah) yang terdapat Surah Al- Anfal (8) : 72; Q.S. Al- Hujurat (49): 12,  Q.S. Al-Hujurat (49): 10; serta hadis riwayat Al- Bukhari dari Abu Hurairah
Silabus, RPP dan Buku Ajar Sesuai
3.2. Memahami manfaat dan hikmah kontrol diri (mujahadatun-nafs), prasangka baik (husnuz- zann), dan persaudaraan (ukhuwah) yang terdapat Surah Al-Anfal (8) : 72; Q.S. Al-Hujurat (49): 12,  Q.S. Al-Hujurat (49): 10)  serta hadis riwayat Al-Bukhari dari Abu Hurairah
3.2.1. Mampu menjelaskan pengertian peerilaku kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah)
3.2.2. Mampu menjelaskan manfaat kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah)
3.2. Memahami manfaat dan hikmah kontrol diri (mujahadatun-nafs), prasangka baik (husnuz- zann), dan persaudaraan (ukhuwah) yang terdapat Surah Al-Anfal (8) : 72; Q.S. Al-Hujurat (49): 12,  Q.S. Al-Hujurat (49): 10)  serta hadis riwayat Al-Bukhari dari Abu Hurairah
3.2.1. Mampu menjelaskan pengertian peerilaku kontrol diri Silabus, RPP dan Buku Ajar Sesuai (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah)
3.2.2. Mampu menjelaskan manfaat kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah)
Silabus, RPP dan Buku Ajar Sesuai
4.2. Mempresentasikan isi dan kandungan ayat-ayat Al-Quran tentang kontrol diri (mujahadatun-nafs), prasangka baik (husnuz- zann), dan persaudaraan (ukhuwah) yang terdapat Surah Al-Anfal (8) : 72; Q.S. Al-Hujurat (49): 12, Q.S. Q.S. Al-Hujurat (49): 10)  serta hadis riwayat Al-Bukhari dari Abu Hurairah
4.2.1. Mampu menunjukkan perilaku kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah)
4.2.2.Menunjukkan perilaku orang yang meninggalkn kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah)
4.2. Mempresentasikan isi dan kandungan ayat-ayat Al-Quran tentang kontrol diri (mujahadatun-nafs), prasangka baik (husnuz- zann), dan persaudaraan (ukhuwah) yang terdapat Surah Al-Anfal (8) : 72; Q.S. Al-Hujurat (49): 12, Q.S. Q.S. Al-Hujurat (49): 10)  serta hadis riwayat Al-Bukhari dari Abu Hurairah
4.2.1. Mampu menunjukkan perilaku kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah)
4.2.2.Menunjukkan perilaku orang yang meninggalkn kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah)
Silabus, RPP dan Buku Ajar Sesuai

1.3. Menghayati nilai-nilai yang terkandung dalam Surah al-Isra’ (17): 32, dan Surah an-Nur (24):  2, dan hadis riwayat Al-Bukhari dari Abu Hurairah tentang  larangan pergaulan bebas dan perbuatan keji
1.3.1. Membiasakan diri menanamkan nilai-nilai yang terkandung dalam Surah al-Isra’ (17): 32, dan Surah an-Nur (24):  2, dan hadis riwayat Al-Bukhari dari Abu Hurairah tentang  larangan pergaulan bebas dan perbuatan keji
1.3. Menghayati nilai-nilai yang terkandung dalam Surah al-Isra’ (17): 32, dan Surah an-Nur (24):  2, dan hadis riwayat Al-Bukhari dari Abu Hurairah tentang  larangan pergaulan bebas dan perbuatan keji
1.3.1. Membiasakan diri menanamkan nilai-nilai yang terkandung dalam Surah al-Isra’ (17): 32, dan Surah an-Nur (24):  2, dan hadis riwayat Al-Bukhari dari Abu Hurairah tentang  larangan pergaulan bebas dan perbuatan keji
BAB III

Hidup Jadi Tenang dengan Menghindari Pergaulan Bebas dan Perbuatan Keji

Buku Siswa Al-Quran Hadist Kelas XI /Kemeterian Agama,-Jakarta : Kementerian Agama Cetakan Ke-1 Tahun 2015.
Hlm.33-43
Silabus, RPP dan Buku Ajar Sesuai
2.3. Menunjukkan perilaku menghindarkan diri dari pergaulan bebas dan perbuatan keji sebagai implementasi dari pemahaman Surah al-Isra’ (17): 32, dan Surah an-Nur (24):  2, dan hadis riwayat Al-Bukhari dari Abu Hurairah
2.3.1. Mengimplementsikan perilaku menghindarkan diri dari pergaulan bebas dan perbuatan keji sebagai implementasi dari pemahaman Surah al-Isra’ (17): 32, dan Surah an-Nur (24):  2, dan hadis riwayat Al-Bukhari dari Abu Hurairah
2.3. Menunjukkan perilaku menghindarkan diri dari pergaulan bebas dan perbuatan keji sebagai implementasi dari pemahaman Surah al-Isra’ (17): 32, dan Surah an-Nur (24):  2, dan hadis riwayat Al-Bukhari dari Abu Hurairah
2.3.1. Mengimplementsikan perilaku menghindarkan diri dari pergaulan bebas dan perbuatan keji sebagai implementasi dari pemahaman Surah al-Isra’ (17): 32, dan Surah an-Nur (24):  2, dan hadis riwayat Al-Bukhari dari Abu Hurairah
Silabus, RPP dan Buku Ajar Sesuai
3.3. Menganalisis  larangan pergaulan bebas dan perbuatan keji yang terdapat pada Surah al-Isra’ (17): 32, dan Surah an-Nur (24):  2, dan hadis riwayat Al-Bukhari dari Abu Hurairah

3.3.1. Menghafalkan Q.S. Surah al-Isra’ (17): 32, dan Surah an-Nur (24):  2, dan hadis riwayat Al-  Bukhari dari Abu Hurairah tentang larangan pergaulan bebas dan perbuatan keji.
3.3.2.Menterjemahkan arti perkata ayat-ayat dan hadist tersebut
3.3.3.  Menjelaskan kandungan ayat dan hadist tersebut
3.3. Menganalisis  larangan pergaulan bebas dan perbuatan keji yang terdapat pada Surah al-Isra’ (17): 32, dan Surah an-Nur (24):  2, dan hadis riwayat Al-Bukhari dari Abu Hurairah

3.3.1. Menghafalkan Q.S. Surah al-Isra’ (17): 32, dan Surah an-Nur (24):  2, dan hadis riwayat Al-  Bukhari dari Abu Hurairah tentang larangan pergaulan bebas dan perbuatan keji.
3.3.2.Menterjemahkan arti perkata ayat-ayat dan hadist tersebut
3.3.3.  Menjelaskan kandungan ayat dan hadist tersebut
Silabus, RPP dan Buku Ajar Sesuai
4.3.Mendemonstrasikan arti per kata ayat-ayat Al-Qur’an tentang larangan pergaulan bebas dan perbuatan keji yang terdapat pada Surah al-Isra’ (17): 32, dan Surah an-Nur (24):  2, dan hadis riwayat Al-Bukhari dari Abu Hurairah
4.3.1. Menghafal arti per kata ayat-ayat Al-Qur’an tentang larangan pergaulan bebas dan perbuatan keji yang terdapat pada Surah al-Isra’ (17): 32, dan Surah an-Nur (24):  2, dan hadis riwayat Al-Bukhari dari Abu Hurairah
4.3.Mendemonstrasikan arti per kata ayat-ayat Al-Qur’an tentang larangan pergaulan bebas dan perbuatan keji yang terdapat pada Surah al-Isra’ (17): 32, dan Surah an-Nur (24):  2, dan hadis riwayat Al-Bukhari dari Abu Hurairah
4.3.1. Menghafal arti per kata ayat-ayat Al-Qur’an tentang larangan pergaulan bebas dan perbuatan keji yang terdapat pada Surah al-Isra’ (17): 32, dan Surah an-Nur (24):  2, dan hadis riwayat Al-Bukhari dari Abu Hurairah
Silabus, RPP dan Buku Ajar Sesuai

1.4. Menghayati nilai-nilai toleransi intern umat beragama dan antar umat beragama
1.4.1. Membiasakan diri menanamkan nilai-nilai toleransi intern umat beragama dan antar umat beragama
1.4. Menghayati nilai-nilai toleransi intern umat beragama dan antar umat beragama
1.4.1. Membiasakan diri menanamkan nilai-nilai toleransi intern umat beragama dan antar umat beragama
BAB IV.

Indahnya Hidupku dengan Menjaga Toleransi dan Etika dalam Pergaulan

Buku Siswa Al-Quran Hadist Kelas XI /Kemeterian Agama,-Jakarta : Kementerian Agama Cetakan Ke-1 Tahun 2015.
Hlm.45-59
Silabus, RPP dan Buku Ajar Sesuai
2.4. Memiliki sikap toleransi dan menjunjung tinggi etika pergaulan
2.4.1.Mengimplementasikan sikap toleransi dan menjunjung tinggi etika pergaulan
2.4. Memiliki sikap toleransi dan menjunjung tinggi etika pergaulan
2.4.1.Mengimplementasikan sikap toleransi dan menjunjung tinggi etika pergaulan
Silabus, RPP dan Buku Ajar Sesuai
3.4. Memahami ayat-ayat dan hadis tentang toleransi dan etika pergaulan pada Surah Al- Kafiruun: 1–6; Surah Yunus: 40–41; Surah  Al- Kahfi: 29; Surah  Al- Hujurat: 10–13 dan hadis riwayat Ahmad dari Ibnu Abbas
3.4.1. Menyebutkan ayat dan hadits tentang toleransi
3.4.2.Mengartikan ayat dan hadits tentang toleransi
3.4.3.Menjelaskan isi kandungan ayat dan hadits tentang toleransi
3.4. Memahami ayat-ayat dan hadis tentang toleransi dan etika pergaulan pada Surah Al- Kafiruun: 1–6; Surah Yunus: 40–41; Surah  Al- Kahfi: 29; Surah  Al- Hujurat: 10–13 dan hadis riwayat Ahmad dari Ibnu Abbas
3.4.1. Menyebutkan ayat dan hadits tentang toleransi
3.4.2.Mengartikan ayat dan hadits tentang toleransi
3.4.3.Menjelaskan isi kandungan ayat dan hadits tentang toleransi
Silabus, RPP dan Buku Ajar Sesuai
4.4.Mempresentasikan isi dan kandungan ayat-ayat Al-Qur'an dan hadis tentang toleransi dan etika pergaulan pada Surah Al-Kafiruun: 16; Surah Yunus: 40–41; Surah Al-Kahfi: 29; Surah Al-Hujurat: 10–13 dan hadis riwayat Ahmad dari Ibnu Abbas
4.4.1. Menerapkan isi dan kandungan ayat-ayat Al-Qur'an dan hadis tentang toleransi dan etika pergaulan pada Surah Al-Kafiruun: 16; Surah Yunus: 40–41; Surah Al-Kahfi: 29; Surah Al-Hujurat: 10–13 dan hadis riwayat Ahmad dari Ibnu Abbas
4.4.Mempresentasikan isi dan kandungan ayat-ayat Al-Qur'an dan hadis tentang toleransi dan etika pergaulan pada Surah Al-Kafiruun: 16; Surah Yunus: 40–41; Surah Al-Kahfi: 29; Surah Al-Hujurat: 10–13 dan hadis riwayat Ahmad dari Ibnu Abbas
4.4.1. Menerapkan isi dan kandungan ayat-ayat Al-Qur'an dan hadis tentang toleransi dan etika pergaulan pada Surah Al-Kafiruun: 16; Surah Yunus: 40–41; Surah Al-Kahfi: 29; Surah Al-Hujurat: 10–13 dan hadis riwayat Ahmad dari Ibnu Abbas
Silabus, RPP dan Buku Ajar Sesuai

1.5. Menghayati nilai-nilai keilmuan
1.5.1. Membiasakan diri menanamkan nilai-nilai keilmuan
1.5. Menghayati nilai-nilai keilmuan
1.5.1. Membiasakan diri menanamkan nilai-nilai keilmuan
BAB V

Hidup Menjadi Lebih Mudah dengan Ilmu Pengetahuan

Buku Siswa Al-Quran Hadist Kelas XI /Kemeterian Agama,-Jakarta : Kementerian Agama Cetakan Ke-1 Tahun 2015.
Hlm.62-71
Silabus, RPP dan Buku Ajar Sesuai
2.5.Menunjukkan sikap semangat menuntut ilmu dan menyampaikannya kepada sesama sebagai implementasi dari pemahaman Surah At- Taubah (9): 122, Surah Al-Mujadalah: 11  dan hadis riwayat Ibnu Majah dari Anas bin Malik dan hadis riwayat Al-Bukhari dari Abdullah bin Amr

2.5.1.Mengimplementasikan sikap semangat menuntut ilmu dan menyampaikannya kepada sesama sebagai implementasi dari pemahaman Surah At- Taubah (9): 122, Surah Al-Mujadalah: 11  dan hadis riwayat Ibnu Majah dari Anas bin Malik dan hadis riwayat Al-Bukhari dari Abdullah bin Amr
2.5.Menunjukkan sikap semangat menuntut ilmu dan menyampaikannya kepada sesama sebagai implementasi dari pemahaman Surah At- Taubah (9): 122, Surah Al-Mujadalah: 11  dan hadis riwayat Ibnu Majah dari Anas bin Malik dan hadis riwayat Al-Bukhari dari Abdullah bin Amr

2.5.1.Mengimplementasikan sikap semangat menuntut ilmu dan menyampaikannya kepada sesama sebagai implementasi dari pemahaman Surah At- Taubah (9): 122, Surah Al-Mujadalah: 11  dan hadis riwayat Ibnu Majah dari Anas bin Malik dan hadis riwayat Al-Bukhari dari Abdullah bin Amr
Silabus, RPP dan Buku Ajar Sesuai
3.5. Memahami ayat-ayat Al-Qur’an dan hadis tentang kewajiban menuntut ilmu dan menyampaikannya kepada sesama pada Surah At-Taubah (9): 122, Surah  Al-Mujadalah: 11    dan hadis riwayat Ibnu Majah dari Anas bin Malik dan hadis riwayat Bukhari dari Abdullah bin Amr

3.5.1. Mengingat ayat-ayat Al-Qur’an dan hadis tentang kewajiban menuntut ilmu dan menyampaikannya kepada sesama
3.5.2. Menafsirkan ayat-ayat Al-Qur’an dan hadis tentang kewajiban menuntut ilmu dan menyampaikannya kepada sesama
3.5.3. Menjelaskan ayat-ayat Al-Qur’an dan hadis tentang kewajiban menuntut ilmu dan menyampaikannya kepada sesama
3.5. Memahami ayat-ayat Al-Qur’an dan hadis tentang kewajiban menuntut ilmu dan menyampaikannya kepada sesama pada Surah At-Taubah (9): 122, Surah  Al-Mujadalah: 11    dan hadis riwayat Ibnu Majah dari Anas bin Malik dan hadis riwayat Bukhari dari Abdullah bin Amr

3.5.1. Mengingat ayat-ayat Al-Qur’an dan hadis tentang kewajiban menuntut ilmu dan menyampaikannya kepada sesama
3.5.2. Menafsirkan ayat-ayat Al-Qur’an dan hadis tentang kewajiban menuntut ilmu dan menyampaikannya kepada sesama
3.5.3. Menjelaskan ayat-ayat Al-Qur’an dan hadis tentang kewajiban menuntut ilmu dan menyampaikannya kepada sesama
Silabus, RPP dan Buku Ajar Sesuai
4.5. Menghafalkan arti per kata ayat-ayat Al-Qur’an tentang semangat menuntut ilmu dan menyampaikannya pada sesama Surah At-Taubah (9): 122, Surah  Al-Mujadalah: 11    dan hadis riwayat Ibnu Majah dari Anas bin Malik dan hadis riwayat Bukhari dari Abdullah bin Amr

4.5.1. Mengingat arti per kata ayat-ayat Al-Qur’an tentang semangat menuntut ilmu dan menyampaikannya pada sesama
4.5.2. Mengulang  arti per kata ayat-ayat Al-Qur’an tentang semangat menuntut ilmu dan menyampaikannya pada sesama
4.5.3.Mengenali arti per kata ayat-ayat Al-Qur’an tentang semangat menuntut ilmu dan menyampaikannya pada sesame
4.5. Menghafalkan arti per kata ayat-ayat Al-Qur’an tentang semangat menuntut ilmu dan menyampaikannya pada sesama Surah At-Taubah (9): 122, Surah  Al-Mujadalah: 11    dan hadis riwayat Ibnu Majah dari Anas bin Malik dan hadis riwayat Bukhari dari Abdullah bin Amr

4.5.1. Mengingat arti per kata ayat-ayat Al-Qur’an tentang semangat menuntut ilmu dan menyampaikannya pada sesama
4.5.2. Mengulang  arti per kata ayat-ayat Al-Qur’an tentang semangat menuntut ilmu dan menyampaikannya pada sesama
4.5.3.Mengenali arti per kata ayat-ayat Al-Qur’an tentang semangat menuntut ilmu dan menyampaikannya pada sesame
Silabus, RPP dan Buku Ajar Sesuai



TELAAH MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
MATA PELAJARAN QUR’AN HADIST KELAS XI SEMESTER GENAP KURIKULUM 2013
DI MA SALAFIYAH SYAF’IYAH HADIRUL ULUM , KEDUNGPEDATI-TASIKREJO-ULUJAMI-PEMALANG

SILABUS
RPP
BUKU AJAR
KETERANGAN
Kompetensi Dasar
Indikator
Kompetensi Dasar
Indikator
1.1.Menghayati nilai-nilai tanggung jawab terhadap keluarga dan masyarakat
1.1.1.Membiasakan diri menanamkan nilai-nilai tanggung jawab terhadap keluarga dan masyarakat
1.1.Menghayati nilai-nilai tanggung jawab terhadap keluarga dan masyarakat
1.1.1.Membiasakan diri menanamkan nilai-nilai tanggung jawab terhadap keluarga dan masyarakat
BAB I

Betapa Besarnya Tanggung jawabku terhadap keluarga dan masyarakat

Buku Siswa Al-Quran Hadist Kelas XI /Kemeterian Agama,-Jakarta : Kementerian Agama Cetakan Ke-1 Tahun 2015.
Hlm.74-89
Silabus, RPP dan Buku Ajar Sesuai
2.1. Menunjukkan perilaku tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat sebagai implementasi dari pemahaman QS. at-Tahriim [66]: 6, surahThaahaa [20]: 132, al-An’aam [6]: 70, an-Nisaa’[4]: 36, Huud [11] : 117-119 dan hadis riwayat Al-Bukhari dari Abdullah bin Umar ,H.R. Abu Dawud dari Ar-Rabi bin Sabrah dan hadis riwayat oleh Al- Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah
2.1.1.Mengimplementasikan perilaku tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat sebagaiimplementasi dari pemahaman QS. at-Tahriim [66]: 6, surahThaahaa [20]: 132, al-An’aam [6]: 70, an-Nisaa’[4]: 36, Huud [11] : 117-119 dan hadis riwayat Al-Bukhari dari Abdullah bin Umar ,H.R. Abu Dawud dari Ar-Rabi bin Sabrah dan hadis riwayat oleh Al- Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah
2.1. Menunjukkan perilaku tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat sebagai implementasi dari pemahaman QS. at-Tahriim [66]: 6, surahThaahaa [20]: 132, al-An’aam [6]: 70, an-Nisaa’[4]: 36, Huud [11] : 117-119 dan hadis riwayat Al-Bukhari dari Abdullah bin Umar ,H.R. Abu Dawud dari Ar-Rabi bin Sabrah dan hadis riwayat oleh Al- Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah
2.1.1.Mengimplementasikan perilaku tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat sebagaiimplementasi dari pemahaman QS. at-Tahriim [66]: 6, surahThaahaa [20]: 132, al-An’aam [6]: 70, an-Nisaa’[4]: 36, Huud [11] : 117-119 dan hadis riwayat Al-Bukhari dari Abdullah bin Umar ,H.R. Abu Dawud dari Ar-Rabi bin Sabrah dan hadis riwayat oleh Al- Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah
Silabus, RPP dan Buku Ajar Sesuai
3.1. Memahami  ayat-ayat al-Qur'an tentang tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat yang terdapat pada QS. at-Tahriim [66]: 6, surahThaahaa [20]: 132, al-An’aam [6]: 70, an-Nisaa’[4]: 36, Huud [11] : 117-119 dan hadis riwayat Al-Bukhari dari Abdullah bin Umar ,H.R. Abu Dawud dari Ar-Rabi bin Sabrah dan hadis riwayat oleh Al- Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah
3.1.1.Membaca ayat dan hadist tersebut
3.1.2.Menyebutkan makna mufradat ayat dan hadist tersebut
3.1.3.Menyebutkan makna  keseluruhan  ayat dan hadis tersebut
3.1.4.Menjelaskan kandungan ayat dan hadist tesebut.
3.1.5.Peserta didik dapat menyimpulkan isi kandungan ayat dan hadist terebut
3.1. Memahami  ayat-ayat al-Qur'an tentang tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat yang terdapat pada QS. at-Tahriim [66]: 6, surahThaahaa [20]: 132, al-An’aam [6]: 70, an-Nisaa’[4]: 36, Huud [11] : 117-119 dan hadis riwayat Al-Bukhari dari Abdullah bin Umar ,H.R. Abu Dawud dari Ar-Rabi bin Sabrah dan hadis riwayat oleh Al- Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah
3.1.1.Membaca ayat dan hadist tersebut
3.1.2.Menyebutkan makna mufradat ayat dan hadist tersebut
3.1.3.Menyebutkan makna  keseluruhan  ayat dan hadis tersebut
3.1.4.Menjelaskan kandungan ayat dan hadist tesebut.
3.1.5.Peserta didik dapat menyimpulkan isi kandungan ayat dan hadist terebut
Silabus, RPP dan Buku Ajar Sesuai
4.1.Mendemonstrasikan hafalan dan arti per kata ayat al-Qur'an dan Hadis tentang  tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat yang terdapat pada QS. at-Tahriim [66]: 6, surahThaahaa [20]: 132, al-An’aam [6]: 70, an-Nisaa’[4]: 36, Huud [11] : 117-119 dan hadis   

4.1.1. Menunjukkan perilaku tanggung jawab terhadap keluarga dan masyarakat
4.1.Mendemonstrasikan hafalan dan arti per kata ayat al-Qur'an dan Hadis tentang  tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat yang terdapat pada QS. at-Tahriim [66]: 6, surahThaahaa [20]: 132, al-An’aam [6]: 70, an-Nisaa’[4]: 36, Huud [11] : 117-119 dan hadis   

4.1.1. Menunjukkan perilaku tanggung jawab terhadap keluarga dan masyarakat
Silabus, RPP dan Buku Ajar Sesuai

1.2. Menghayati nilai-nilai kompetitif dan kerjasama dalam kebaikan
1.2.1. Membiasakan menanamkan nilai-nilai kompetitif dan kerjasama dalam kebaikan
1.2. Menghayati nilai-nilai kompetitif dan kerjasama dalam kebaikan
1.2.1. Membiasakan menanamkan nilai-nilai kompetitif dan kerjasama dalam kebaikan
BAB II

Betapa Semangatnya Aku Berkompetisi dalam Kebaikan

Buku Siswa Al-Quran Hadist Kelas XI /Kemeterian Agama,-Jakarta : Kementerian Agama Cetakan Ke-1 Tahun 2015.
Hlm.91-102
Silabus, RPP dan Buku Ajar Sesuai
2.2. Menunjukkan sikap kompetitif dalam kebaikan sebagai pemahaman atas QS. al-Baqarah [2]:148, QS. al-Faathir [35]: 32, QS. an-Nahl [16]: 97, dan Hadis Riwayat Ibnu Majah dari Jabir bin Abdullah
2.2.1.Mengimplementasikan 2.2. Menunjukkan sikap kompetitif dalam kebaikan sebagai pemahaman atas QS. al-Baqarah [2]:148, QS. al-Faathir [35]: 32, QS. an-Nahl [16]: 97, dan Hadis Riwayat Ibnu Majah dari Jabir bin Abdullah
2.2. Menunjukkan sikap kompetitif dalam kebaikan sebagai pemahaman atas QS. al-Baqarah [2]:148, QS. al-Faathir [35]: 32, QS. an-Nahl [16]: 97, dan Hadis Riwayat Ibnu Majah dari Jabir bin Abdullah
2.2.1.Mengimplementasikan 2.2. Menunjukkan sikap kompetitif dalam kebaikan sebagai pemahaman atas QS. al-Baqarah [2]:148, QS. al-Faathir [35]: 32, QS. an-Nahl [16]: 97, dan Hadis Riwayat Ibnu Majah dari Jabir bin Abdullah
Silabus, RPP dan Buku Ajar Sesuai
3.2. Memahami ayat-ayat al-Qur'an dan hadis tentang kompetisi dalam kebaikan QS. alBaqarah [2]:148, QS. al-Faathir [35]: 32, QS. an-Nahl [16]: 97, dan Hadis Riwayat Ibnu Majah dari Jabir bin Abdullah.
3.2.1. Membaca ayat dan hadist tersebut
3.2.2.Menyebutkan makna mufradat ayat dan hadist tersebut
3.2.3.Menjelaskan kandungan ayat dan hadist tersebut
3.2. Memahami ayat-ayat al-Qur'an dan hadis tentang kompetisi dalam kebaikan QS. alBaqarah [2]:148, QS. al-Faathir [35]: 32, QS. an-Nahl [16]: 97, dan Hadis Riwayat Ibnu Majah dari Jabir bin Abdullah.
3.2.1. Membaca ayat dan hadist tersebut
3.2.2.Menyebutkan makna mufradat ayat dan hadist tersebut
3.2.3.Menjelaskan kandungan ayat dan hadist tersebut
Silabus, RPP dan Buku Ajar Sesuai
4.2.Mendemonstrasikan hafalan dan arti per kata ayat al-Qur'an dan Hadis tentang kompetisi dalam kebaikan QS. al-Baqarah [2]:148, QS. al-Faathir [35]: 32, QS. an-Nahl [16]: 97, dan Hadis Riwayat Ibnu Majah dari Jabir bin Abdullah
4.2.1. Menunjukkan perilaku kompetisi dalam kebaikan
4.2.Mendemonstrasikan hafalan dan arti per kata ayat al-Qur'an dan Hadis tentang kompetisi dalam kebaikan QS. al-Baqarah [2]:148, QS. al-Faathir [35]: 32, QS. an-Nahl [16]: 97, dan Hadis Riwayat Ibnu Majah dari Jabir bin Abdullah
4.2.1. Menunjukkan perilaku kompetisi dalam kebaikan
Silabus, RPP dan Buku Ajar Sesuai

1.3. Menghayati nilai-nilai etos kerja dalam kehidupan sehari-hari.
1.3.1. Membiasakan diri menanamkan nilai-nilai etos kerja dalam kehidupan sehari-hari.
1.3. Menghayati nilai-nilai etos kerja dalam kehidupan sehari-hari.
1.3.1. Membiasakan diri menanamkan nilai-nilai etos kerja dalam kehidupan sehari-hari.
BAB III

Betapa Giatnya Aku Bekerja (Etos Kerja)

Buku Siswa Al-Quran Hadist Kelas XI /Kemeterian Agama,-Jakarta : Kementerian Agama Cetakan Ke-1 Tahun 2015.
Hlm.104-114
Silabus, RPP dan Buku Ajar Sesuai
2.3. Memiliki etos kerja yang tinggi sebagai implementasi QS. al-Jumuu’ah [62]: 9-11; QS. al-Qashash [28]: 77,  dan hadis riwayat Ibnu Majah dari Miqdam bin Madi kariba dan hadis riwayat Ibnu Majah dari Hisyam bin Urwah dari ayahnya dari kakeknya
2.3.1.Mengimplementasikan etos kerja yang tinggi sebagai implementasi QS. al-Jumuu’ah [62]: 9-11; QS. al-Qashash [28]: 77,  dan hadis riwayat Ibnu Majah dari Miqdam bin Madi kariba dan hadis riwayat Ibnu Majah dari Hisyam bin Urwah dari ayahnya dari kakeknya
2.3. Memiliki etos kerja yang tinggi sebagai implementasi QS. al-Jumuu’ah [62]: 9-11; QS. al-Qashash [28]: 77,  dan hadis riwayat Ibnu Majah dari Miqdam bin Madi kariba dan hadis riwayat Ibnu Majah dari Hisyam bin Urwah dari ayahnya dari kakeknya
2.3.1.Mengimplementasikan etos kerja yang tinggi sebagai implementasi QS. al-Jumuu’ah [62]: 9-11; QS. al-Qashash [28]: 77,  dan hadis riwayat Ibnu Majah dari Miqdam bin Madi kariba dan hadis riwayat Ibnu Majah dari Hisyam bin Urwah dari ayahnya dari kakeknya
Silabus, RPP dan Buku Ajar Sesuai
3.3. Memahami ayat-ayat al-Qur'an dan hadis tentang etos kerja pada QS. al-Jumuu’ah [62]: 9-11; QS. al-Qashash [28]: 77,  dan riwayat Ibnu Majah dari Miqdam bin Madi kariba dan hadis riwayat Ibnu Majah dari Hisyam bin Urwah dari ayahnya dari kakeknya.

3.3.1. Membaca ayat dan hadist tersebut
3.3.2.Menyebutkan makna mufradat ayat dan hadist tersebut
3.3. Memahami ayat-ayat al-Qur'an dan hadis tentang etos kerja pada QS. al-Jumuu’ah [62]: 9-11; QS. al-Qashash [28]: 77,  dan riwayat Ibnu Majah dari Miqdam bin Madi kariba dan hadis riwayat Ibnu Majah dari Hisyam bin Urwah dari ayahnya dari kakeknya.

3.3.1. Membaca ayat dan hadist tersebut
3.3.2.Menyebutkan makna mufradat ayat dan hadist tersebut
Silabus, RPP dan Buku Ajar Sesuai
4.3.Mendemonstrasikan hafalan dan arti per kata ayat al-Qur'an dan Hadis tentang etos kerja pada QS. al-Jumuu’ah [62]: 9-11; QS. al-Qashash [28]: 77,  dan riwayat Ibnu Majah dari Miqdam bin Madi kariba dan hadis riwayat Ibnu Majah dari Hisyam bin Urwah dari ayahnya dari kakeknya.
4.3.1. Menjelaskan kandungan ayat dan hadist tersebut
4.3.2.Menunjukkan perilaku etos kerja dalam kehidupan sehari-hari.
4.3.Mendemonstrasikan hafalan dan arti per kata ayat al-Qur'an dan Hadis tentang etos kerja pada QS. al-Jumuu’ah [62]: 9-11; QS. al-Qashash [28]: 77,  dan riwayat Ibnu Majah dari Miqdam bin Madi kariba dan hadis riwayat Ibnu Majah dari Hisyam bin Urwah dari ayahnya dari kakeknya.
4.3.1. Menjelaskan kandungan ayat dan hadist tersebut
4.3.2.Menunjukkan perilaku etos kerja dalam kehidupan sehari-hari.
Silabus, RPP dan Buku Ajar Sesuai

1.4. Menghayati nilai-nilai selektif terhadap makanan.
1.4.1. Membiasakan diri menanamkan nilai-nilai selektif terhadap makanan.
1.4. Menghayati nilai-nilai selektif terhadap makanan.
1.4.1. Membiasakan diri menanamkan nilai-nilai selektif terhadap makanan.
BAB IV

Hidup Lebih Sehat dengan Makanan yang Halal dan Baik

Buku Siswa Al-Quran Hadist Kelas XI /Kemeterian Agama,-Jakarta : Kementerian Agama Cetakan Ke-1 Tahun 2015.
Hlm.118-131
Silabus, RPP dan Buku Ajar Sesuai
2.4. Memiliki sikap selektif terhadap makanan dengan memilih makanan yang halal dan baik sebagai implementasi dari pemahaman QS. Al-Baqarah [2]:168-169, al-Baqarah [2]: 172-173, dan hadis riwayat Abu Dawud dari Madi kariba dan hadis riwayat At- Tirmizi dari Abu Hurairah
2.4.1.Mengimplementasikan sikap toleransi dan menjunjung tinggi etika pergaulan
2.4. Memiliki sikap selektif terhadap makanan dengan memilih makanan yang halal dan baik sebagai implementasi dari pemahaman QS. Al-Baqarah [2]:168-169, al-Baqarah [2]: 172-173, dan hadis riwayat Abu Dawud dari Madi kariba dan hadis riwayat At- Tirmizi dari Abu Hurairah
2.4.1.Mengimplementasikan sikap toleransi dan menjunjung tinggi etika pergaulan
Silabus, RPP dan Buku Ajar Sesuai
3.4. Memahami ayat-ayat al-Qur’an dan hadis tentang makanan yang halal dan baik pada QS. Al-Baqarah [2]:168-169, al-Baqarah [2]: 172-173, dan hadis riwayat Abu Dawud dari Madi kariba dan hadis riwayat At- Tirmizi dari Abu Hurairah.

3.4.1. Mempelajari ayat dan hadist tersebut.
3.4.2. Menjelaskan kandungan ayat dan hadist tesebut
3.4. Memahami ayat-ayat al-Qur’an dan hadis tentang makanan yang halal dan baik pada QS. Al-Baqarah [2]:168-169, al-Baqarah [2]: 172-173, dan hadis riwayat Abu Dawud dari Madi kariba dan hadis riwayat At- Tirmizi dari Abu Hurairah.

3.4.1. Mempelajari ayat dan hadist tersebut.
3.4.2. Menjelaskan kandungan ayat dan hadist tesebut
Silabus, RPP dan Buku Ajar Sesuai
4.4.Mendemonstrasikan hafalan dan arti per kata ayat al-Qur’an dan Hadis tentang makanan yang halal dan baik pada QS. Al-Baqarah [2]:168-169, al-Baqarah [2]: 172-173, dan hadis riwayat Abu Dawud dari Madi kariba dan hadis riwayat At- Tirmizi dari Abu Hurairah.

4.4.1. Menghafal arti per kata pada ayat dan hadist tersebut
4.4.2.Menjelaskan makna kandungan ayat dan hadist tersebut
4.4.3.Mengklasifikasikan makanan yang halal dan baik berdasarkan ayat dan hadist tersebut
4.4.Mendemonstrasikan hafalan dan arti per kata ayat al-Qur’an dan Hadis tentang makanan yang halal dan baik pada QS. Al-Baqarah [2]:168-169, al-Baqarah [2]: 172-173, dan hadis riwayat Abu Dawud dari Madi kariba dan hadis riwayat At- Tirmizi dari Abu Hurairah.

4.4.1. Menghafal arti per kata pada ayat dan hadist tersebut
4.4.2.Menjelaskan makna kandungan ayat dan hadist tersebut
4.4.3.Mengklasifikasikan makanan yang halal dan baik berdasarkan ayat dan hadist tersebut
Silabus, RPP dan Buku Ajar Sesuai

1.5. Menghayati rasa syukur atas nikmat Allah Swt
1.5.1. Membiasakan diri menanamkan rasa syukur atas nikmat Allah Swt
1.5. Menghayati rasa syukur atas nikmat Allah Swt
1.5.1. Membiasakan diri menanamkan rasa syukur atas nikmat Allah Swt
BAB V

Betapa Besar
Syukurku Kepada-Mu

Buku Siswa Al-Quran Hadist Kelas XI /Kemeterian Agama,-Jakarta : Kementerian Agama Cetakan Ke-1 Tahun 2015.
Hlm.133-147
Silabus, RPP dan Buku Ajar Sesuai
2.5. Menunjukkan perilaku mensyukuri nikmat Allah dalam kehidupan seharai-hari sebagai implementasi dari pemahaman QS. al-Zukhruf [43]: 9-13, QS. al-’Ankabuut [29]:17, dan hadis riwayat Ahmad dari Asyab bin Qaisydan H.R. Abu Dawud dari Abu Hurairah hadis riwayat Ahmad dari Asyab bin Qaisy.

2.5.1.Mengimplementasikan perilaku mensyukuri nikmat Allah dalam kehidupan seharai-hari sebagai implementasi dari pemahaman QS. al-Zukhruf [43]: 9-13, QS. al-’Ankabuut [29]:17, dan hadis riwayat Ahmad dari Asyab bin Qaisydan H.R. Abu Dawud dari Abu Hurairah hadis riwayat Ahmad dari Asyab bin Qaisy.
2.5. Menunjukkan perilaku mensyukuri nikmat Allah dalam kehidupan seharai-hari sebagai implementasi dari pemahaman QS. al-Zukhruf [43]: 9-13, QS. al-’Ankabuut [29]:17, dan hadis riwayat Ahmad dari Asyab bin Qaisydan H.R. Abu Dawud dari Abu Hurairah hadis riwayat Ahmad dari Asyab bin Qaisy.

2.5.1.Mengimplementasikan perilaku mensyukuri nikmat Allah dalam kehidupan seharai-hari sebagai implementasi dari pemahaman QS. al-Zukhruf [43]: 9-13, QS. al-’Ankabuut [29]:17, dan hadis riwayat Ahmad dari Asyab bin Qaisydan H.R. Abu Dawud dari Abu Hurairah hadis riwayat Ahmad dari Asyab bin Qaisy.
Silabus, RPP dan Buku Ajar Sesuai
3.5. Memahami konsep syukur nikmat Allah pada QS. al-Zukhruf [43]: 9-13, QS. al-’Ankabuut [29]:17, dan hadis riwayat Ahmad dari Asyab bin Qaisydan H.R. Abu Dawud dari Abu Hurairah hadis riwayat Ahmad dari Asyab bin Qaisy.

3.5.1. Menghafal ayat dan hadist tersebut
3.5.2.Menjelaskan konsep syukur nikmat Allah sebagaimana ayat dan hadist tersebut
3.5. Memahami konsep syukur nikmat Allah pada QS. al-Zukhruf [43]: 9-13, QS. al-’Ankabuut [29]:17, dan hadis riwayat Ahmad dari Asyab bin Qaisydan H.R. Abu Dawud dari Abu Hurairah hadis riwayat Ahmad dari Asyab bin Qaisy.

3.5.1. Menghafal ayat dan hadist tersebut
3.5.2.Menjelaskan konsep syukur nikmat Allah sebagaimana ayat dan hadist tersebut
Silabus, RPP dan Buku Ajar Sesuai
4.5. Mengaplikasikan ayat-ayat al-Qur’an dan hadis tentang syukur nikmat Allah berdasarkan pada QS. al-Zukhruf [43]: 9-13, QS. al-’Ankabuut [29]:17, dan hadis riwayat Ahmad dari Asyab bin Qaisydan H.R. Abu Dawud dari Abu Hurairah hadis riwayat Ahmad dari Asyab bin Qaisy.

4.5.1. Mempelajari ayat dan hadist tersebut
4.5.2. Mengemukakan perbuatan-perbuatan yang mencerminkan mensyukuri nikmat Allah sebagaimana ayat dan hadist tersebut
4.5.3.Melaksanakan mensyukuri nikmat Allah  berdasarkan kandungan ayat dan hadist tersebut
4.5. Mengaplikasikan ayat-ayat al-Qur’an dan hadis tentang syukur nikmat Allah berdasarkan pada QS. al-Zukhruf [43]: 9-13, QS. al-’Ankabuut [29]:17, dan hadis riwayat Ahmad dari Asyab bin Qaisydan H.R. Abu Dawud dari Abu Hurairah hadis riwayat Ahmad dari Asyab bin Qaisy.

4.5.1. Mempelajari ayat dan hadist tersebut
4.5.2. Mengemukakan perbuatan-perbuatan yang mencerminkan mensyukuri nikmat Allah sebagaimana ayat dan hadist tersebut
4.5.3.Melaksanakan mensyukuri nikmat Allah  berdasarkan kandungan ayat dan hadist tersebut
Silabus, RPP dan Buku Ajar Sesuai

                   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halaman