TELAAH MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
MATA PELAJARAN QUR’AN HADIST KELAS XI SEMESTER
GANJIL KURIKULUM 2013
DI MA SALAFIYAH SYAF’IYAH HADIRUL ULUM ,
KEDUNGPEDATI-TASIKREJO-ULUJAMI-PEMALANG
Kompetensi Inti (KI) :
KI-1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama
yang dianutnya
KI-2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai) santun,
rensponsif dan proaktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI-3 : Memahami, menerapkan, dan menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
KI-4 : Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari
yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan
kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
SILABUS
|
RPP
|
BUKU AJAR
|
KETERANGAN
|
||
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
||
1,1. Menghayati nilai-nilai yang terkait dengan
taat pada orang tua dan guru sebagaimana tuntunan AlQur’an dan hadis
|
1.1.1.Membiasakan diri menanamkan nilai-nilai yang terkait dengan taat pada orang tua dan
guru sebagaimana tuntunan AlQur’an dan hadis
|
1.1. Menghayati nilai-nilai yang terkait dengan
taat pada orang tua dan guru sebagaimana tuntunan AlQur’an dan hadis
|
1.1.1.Membiasakan diri menanamkan nilai-nilai yang terkait dengan taat pada orang tua dan
guru sebagaimana tuntunan AlQur’an dan hadis
|
BAB I
Hidup bekah
dengan menghormati dan mematuhi orang tua dan guru
Buku Siswa
Al-Quran Hadist Kelas XI /Kemeterian Agama,-Jakarta : Kementerian Agama
Cetakan Ke-1 Tahun 2015.
Hlm. 1-14
|
Silabus, RPP
dan Buku Ajar Sesuai
|
2.1. Menunjukkan perilaku hormat dan patuh kepada
orang tua dan guru sebagai implementasi dari pemahaman Surah al-Isra’
(17): 23–24; Surah Lukman (31): 13–17;
hadis riwayat Muslim dari
Abu Hurairah, hadis riwayat Al-Bukhari dan Muslim dari Abdullah bin
Amru
|
2.1.1.Mengiplementasikan perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru
|
2.1. Menunjukkan perilaku hormat dan patuh kepada
orang tua dan guru sebagai implementasi dari pemahaman Surah al-Isra’
(17): 23–24; Surah Lukman (31): 13–17;
hadis riwayat Muslim dari
Abu Hurairah, hadis riwayat Al-Bukhari dan Muslim dari Abdullah bin
Amru
|
2.1.1.Mengiplementasikan perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru
|
Silabus, RPP
dan Buku Ajar Sesuai
|
|
3.1. Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang
perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru pada Surah al-Isra’ (17) :23–24; Surah Lukman (31): 13–17; hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah, hadis riwayat Al-Bukhari dan Muslim dari Abdullah bin
Amru
|
3.1.1. Menerjemahkan ayat-ayat Al-Qur’an tentang perilaku hormat dan patuh
kepada orang tua dan guru pada Surah
al-Isra’ (17) :23–24; Surah
Lukman (31): 13–17; hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah
3.1.2. Menjelaskan isi kandungan ayat-ayat dan hadist tersebut
3.1.3. Menafsirkan ayat-ayat dan hadist tersebut
|
3.1. Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang perilaku hormat dan patuh kepada
orang tua dan guru pada Surah al-Isra’
(17) :23–24; Surah Lukman (31): 13–17;
hadis riwayat Muslim dari
Abu Hurairah, hadis riwayat Al-Bukhari dan Muslim dari Abdullah bin
Amru
|
3.1.1.Menerjemahkan ayat-ayat Al-Qur’an tentang perilaku hormat dan patuh
kepada orang tua dan guru pada Surah
al-Isra’ (17) :23–24; Surah
Lukman (31): 13–17; hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah
3.1.2. Menjelaskan isi kandungan ayat-ayat dan hadist tersebut
3.1.3. Menafsirkan ayat-ayat dan
hadist tersebut
|
Silabus, RPP
dan Buku Ajar Sesuai
|
|
4.1. Menghafalkan ayat-ayat Al-Qur’an tentang perilaku hormat dan patuh kepada
orang tua dan guru pada Surah al-Isra’ (17): 23–24;
Surah Lukman (31): 13–17; hadis riwayat Muslim dari
Abu Hurairah, hadis riwayat Al-Bukhari dan Muslim dari Abdullah bin
Amru
|
4.1.1. Melafalkan dengan fasih ayat-ayat Al-Qur’an tentang perilaku hormat dan patuh
kepada orang tua dan guru pada Surah
al-Isra’ (17) :23–24; Surah
Lukman (31): 13–17; hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah
4.1.2.Melafalkan denga lancar ayat-ayat Al-Qur’an dan hadist tersebut
4.1.3.Melafalkan denga benar ayat-ayat Al-Qur’an dan hadist tersebut
|
4.1. Menghafalkan ayat-ayat Al-Qur’an tentang perilaku hormat dan patuh kepada
orang tua dan guru pada Surah al-Isra’ (17): 23–24;
Surah Lukman (31): 13–17; hadis riwayat Muslim dari
Abu Hurairah, hadis riwayat Al-Bukhari dan Muslim dari Abdullah bin
Amru
|
4.1.1. Melafalkan dengan fasih ayat-ayat Al-Qur’an tentang perilaku hormat dan patuh
kepada orang tua dan guru pada Surah
al-Isra’ (17) :23–24; Surah
Lukman (31): 13–17; hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah
4.1.2.Melafalkan denga lancar ayat-ayat Al-Qur’an dan hadist tersebut
4.1.3.Melafalkan denga benar ayat-ayat Al-Qur’an dan hadist tersebut
|
Silabus, RPP
dan Buku Ajar Sesuai
|
|
|
|||||
1.2. Menghayati nilai-nilai yang terkait dengan mujahadah
al-nafs, husnuzan dan ukhuwah
|
1.2.1. Membiasakan diri menanamkan nilai-nilai
yang terkait dengan mujahadah al-nafs, husnuzan dan ukhuwah
|
1.2. Menghayati nilai-nilai yang terkait dengan
mujahadah al-nafs, husnuzan dan ukhuwah
|
1.2.1. Membiasakan diri menanamkan nilai-nilai
yang terkait dengan mujahadah al-nafs, husnuzan dan ukhuwah
|
Bab II
Hidup Lebih damai dengan Mujahadatun Nafs, Husnuz Zann, dan Ukhuwah
Buku Siswa
Al-Quran Hadist Kelas XI /Kemeterian Agama,-Jakarta : Kementerian Agama
Cetakan Ke-1 Tahun 2015.
Hlm.17-31
|
Silabus, RPP
dan Buku Ajar Sesuai
|
2.2.
Menunjukkan perilaku
kontrol diri (mujahadatun- nafs), prasangka baik (husnuz-zann), dan persaudaraan (ukhuwah) yang terdapat Surah Al- Anfal (8) : 72; Q.S.
Al- Hujurat (49): 12, Q.S.
Al-Hujurat (49): 10; serta hadis
riwayat Al- Bukhari dari Abu Hurairah
|
2.2.1.
Mengimplementasikan
perilaku kontrol diri (mujahadatun-
nafs), prasangka baik
(husnuz-zann), dan
persaudaraan (ukhuwah) yang terdapat Surah Al- Anfal (8) : 72; Q.S.
Al- Hujurat (49): 12, Q.S.
Al-Hujurat (49): 10; serta hadis
riwayat Al- Bukhari dari Abu Hurairah
|
2.2.
Menunjukkan perilaku
kontrol diri (mujahadatun- nafs), prasangka baik (husnuz-zann), dan persaudaraan (ukhuwah) yang terdapat Surah Al- Anfal (8) : 72; Q.S.
Al- Hujurat (49): 12, Q.S.
Al-Hujurat (49): 10; serta hadis
riwayat Al- Bukhari dari Abu Hurairah
|
2.2.1.
Mengimplementasikan
perilaku kontrol diri (mujahadatun-
nafs), prasangka baik
(husnuz-zann), dan
persaudaraan (ukhuwah) yang terdapat Surah Al- Anfal (8) : 72; Q.S.
Al- Hujurat (49): 12, Q.S.
Al-Hujurat (49): 10; serta hadis
riwayat Al- Bukhari dari Abu Hurairah
|
Silabus, RPP
dan Buku Ajar Sesuai
|
|
3.2. Memahami manfaat dan hikmah kontrol diri (mujahadatun-nafs), prasangka baik (husnuz- zann), dan persaudaraan (ukhuwah) yang terdapat
Surah Al-Anfal (8) : 72;
Q.S.
Al-Hujurat (49): 12, Q.S. Al-Hujurat
(49): 10) serta hadis
riwayat Al-Bukhari dari Abu Hurairah
|
3.2.1. Mampu menjelaskan pengertian peerilaku kontrol diri (mujahadah an-nafs),
prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah)
3.2.2. Mampu menjelaskan manfaat kontrol diri (mujahadah
an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah)
|
3.2. Memahami manfaat dan hikmah kontrol diri (mujahadatun-nafs), prasangka baik (husnuz- zann), dan persaudaraan (ukhuwah) yang terdapat
Surah Al-Anfal (8) : 72;
Q.S.
Al-Hujurat (49): 12, Q.S. Al-Hujurat
(49): 10) serta hadis
riwayat Al-Bukhari dari Abu Hurairah
|
3.2.1. Mampu menjelaskan pengertian peerilaku kontrol diri Silabus, RPP dan Buku Ajar Sesuai (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan
(ukhuwah)
3.2.2. Mampu menjelaskan manfaat kontrol diri (mujahadah
an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah)
|
Silabus, RPP
dan Buku Ajar Sesuai
|
|
4.2. Mempresentasikan
isi
dan kandungan ayat-ayat Al-Qur’an tentang kontrol diri
(mujahadatun-nafs),
prasangka baik (husnuz-
zann), dan persaudaraan (ukhuwah) yang terdapat
Surah Al-Anfal (8) : 72;
Q.S.
Al-Hujurat (49): 12,
Q.S.
Q.S. Al-Hujurat (49): 10) serta hadis
riwayat Al-Bukhari dari Abu Hurairah
|
4.2.1. Mampu
menunjukkan perilaku kontrol diri
(mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah)
4.2.2.Menunjukkan
perilaku orang yang meninggalkn kontrol diri (mujahadah an-nafs),
prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah)
|
4.2. Mempresentasikan
isi
dan kandungan ayat-ayat Al-Qur’an tentang kontrol diri
(mujahadatun-nafs),
prasangka baik (husnuz-
zann), dan persaudaraan (ukhuwah) yang terdapat
Surah Al-Anfal (8) : 72;
Q.S.
Al-Hujurat (49): 12,
Q.S.
Q.S. Al-Hujurat (49): 10) serta hadis
riwayat Al-Bukhari dari Abu Hurairah
|
4.2.1. Mampu
menunjukkan perilaku kontrol diri
(mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah)
4.2.2.Menunjukkan
perilaku orang yang meninggalkn kontrol diri (mujahadah an-nafs),
prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah)
|
Silabus, RPP
dan Buku Ajar Sesuai
|
|
|
|||||
1.3. Menghayati nilai-nilai yang terkandung dalam
Surah al-Isra’ (17): 32, dan Surah an-Nur
(24): 2, dan hadis riwayat Al-Bukhari
dari Abu Hurairah tentang larangan pergaulan bebas dan
perbuatan keji
|
1.3.1. Membiasakan diri menanamkan nilai-nilai yang
terkandung dalam Surah
al-Isra’ (17): 32, dan Surah an-Nur (24):
2, dan hadis riwayat Al-Bukhari dari Abu Hurairah tentang larangan pergaulan bebas dan perbuatan keji
|
1.3. Menghayati nilai-nilai yang terkandung dalam
Surah al-Isra’ (17): 32, dan Surah an-Nur
(24): 2, dan hadis riwayat Al-Bukhari
dari Abu Hurairah tentang larangan pergaulan bebas dan
perbuatan keji
|
1.3.1. Membiasakan diri menanamkan nilai-nilai yang
terkandung dalam Surah
al-Isra’ (17): 32, dan Surah an-Nur (24):
2, dan hadis riwayat Al-Bukhari dari Abu Hurairah tentang larangan pergaulan bebas dan perbuatan keji
|
BAB III
Hidup Jadi Tenang dengan Menghindari Pergaulan Bebas dan Perbuatan Keji
Buku Siswa
Al-Quran Hadist Kelas XI /Kemeterian Agama,-Jakarta : Kementerian Agama
Cetakan Ke-1 Tahun 2015.
Hlm.33-43
|
Silabus, RPP
dan Buku Ajar Sesuai
|
2.3. Menunjukkan perilaku menghindarkan diri dari
pergaulan bebas dan perbuatan keji sebagai implementasi dari pemahaman Surah
al-Isra’ (17): 32, dan Surah an-Nur (24):
2, dan hadis riwayat Al-Bukhari dari Abu Hurairah
|
2.3.1. Mengimplementsikan perilaku menghindarkan diri dari pergaulan bebas dan
perbuatan keji sebagai implementasi dari pemahaman Surah al-Isra’ (17): 32,
dan Surah an-Nur (24): 2, dan hadis
riwayat Al-Bukhari dari Abu Hurairah
|
2.3. Menunjukkan perilaku menghindarkan diri dari
pergaulan bebas dan perbuatan keji sebagai implementasi dari pemahaman Surah
al-Isra’ (17): 32, dan Surah an-Nur (24):
2, dan hadis riwayat Al-Bukhari dari Abu Hurairah
|
2.3.1. Mengimplementsikan perilaku menghindarkan diri dari pergaulan bebas dan
perbuatan keji sebagai implementasi dari pemahaman Surah al-Isra’ (17): 32,
dan Surah an-Nur (24): 2, dan hadis
riwayat Al-Bukhari dari Abu Hurairah
|
Silabus, RPP
dan Buku Ajar Sesuai
|
|
3.3. Menganalisis
larangan pergaulan bebas dan perbuatan keji yang terdapat pada Surah
al-Isra’ (17): 32, dan Surah an-Nur (24):
2, dan hadis riwayat Al-Bukhari dari Abu Hurairah
|
3.3.1. Menghafalkan Q.S. Surah al-Isra’ (17): 32, dan Surah an-Nur (24): 2, dan hadis riwayat Al- Bukhari dari Abu Hurairah tentang larangan
pergaulan bebas dan perbuatan keji.
3.3.2.Menterjemahkan arti perkata ayat-ayat dan
hadist tersebut
3.3.3.
Menjelaskan kandungan ayat dan hadist tersebut
|
3.3. Menganalisis
larangan pergaulan bebas dan perbuatan keji yang terdapat pada Surah
al-Isra’ (17): 32, dan Surah an-Nur (24):
2, dan hadis riwayat Al-Bukhari dari Abu Hurairah
|
3.3.1. Menghafalkan Q.S. Surah al-Isra’ (17): 32, dan Surah an-Nur (24): 2, dan hadis riwayat Al- Bukhari dari Abu Hurairah tentang larangan
pergaulan bebas dan perbuatan keji.
3.3.2.Menterjemahkan arti perkata ayat-ayat dan
hadist tersebut
3.3.3.
Menjelaskan kandungan ayat dan hadist tersebut
|
Silabus, RPP
dan Buku Ajar Sesuai
|
|
4.3.Mendemonstrasikan arti per kata ayat-ayat Al-Qur’an tentang
larangan pergaulan bebas dan perbuatan keji yang terdapat pada Surah al-Isra’ (17): 32, dan Surah an-Nur
(24): 2, dan hadis riwayat Al-Bukhari
dari Abu Hurairah
|
4.3.1. Menghafal arti per kata ayat-ayat
Al-Qur’an tentang larangan pergaulan bebas dan perbuatan keji yang terdapat
pada Surah al-Isra’ (17): 32, dan Surah an-Nur
(24): 2, dan hadis riwayat Al-Bukhari
dari Abu Hurairah
|
4.3.Mendemonstrasikan arti per kata ayat-ayat Al-Qur’an tentang larangan
pergaulan bebas dan perbuatan keji yang terdapat pada Surah al-Isra’ (17): 32, dan Surah an-Nur (24): 2, dan hadis riwayat Al-Bukhari dari Abu
Hurairah
|
4.3.1. Menghafal arti per kata ayat-ayat
Al-Qur’an tentang larangan pergaulan bebas dan perbuatan keji yang terdapat
pada Surah al-Isra’ (17): 32, dan Surah an-Nur
(24): 2, dan hadis riwayat Al-Bukhari
dari Abu Hurairah
|
Silabus, RPP
dan Buku Ajar Sesuai
|
|
|
|||||
1.4. Menghayati nilai-nilai toleransi intern umat
beragama dan antar umat beragama
|
1.4.1. Membiasakan diri menanamkan nilai-nilai
toleransi intern umat beragama dan antar umat beragama
|
1.4. Menghayati nilai-nilai toleransi intern umat
beragama dan antar umat beragama
|
1.4.1. Membiasakan diri menanamkan nilai-nilai
toleransi intern umat beragama dan antar umat beragama
|
BAB IV.
Indahnya
Hidupku dengan Menjaga Toleransi dan Etika dalam Pergaulan
Buku Siswa
Al-Quran Hadist Kelas XI /Kemeterian Agama,-Jakarta : Kementerian Agama
Cetakan Ke-1 Tahun 2015.
Hlm.45-59
|
Silabus, RPP
dan Buku Ajar Sesuai
|
2.4. Memiliki sikap toleransi dan menjunjung
tinggi etika pergaulan
|
2.4.1.Mengimplementasikan sikap toleransi dan
menjunjung tinggi etika pergaulan
|
2.4. Memiliki sikap toleransi dan menjunjung
tinggi etika pergaulan
|
2.4.1.Mengimplementasikan sikap toleransi dan
menjunjung tinggi etika pergaulan
|
Silabus, RPP
dan Buku Ajar Sesuai
|
|
3.4. Memahami ayat-ayat dan hadis tentang toleransi dan etika pergaulan pada Surah Al-
Kafiruun: 1–6; Surah
Yunus: 40–41;
Surah Al- Kahfi: 29; Surah
Al- Hujurat: 10–13 dan hadis
riwayat Ahmad dari Ibnu Abbas
|
3.4.1. Menyebutkan ayat dan hadits
tentang toleransi
3.4.2.Mengartikan ayat dan hadits tentang toleransi
3.4.3.Menjelaskan isi kandungan ayat dan hadits tentang toleransi
|
3.4. Memahami ayat-ayat dan hadis tentang toleransi dan etika pergaulan pada Surah Al-
Kafiruun: 1–6; Surah
Yunus: 40–41;
Surah Al- Kahfi: 29; Surah
Al- Hujurat: 10–13 dan hadis
riwayat Ahmad dari Ibnu Abbas
|
3.4.1. Menyebutkan ayat dan hadits
tentang toleransi
3.4.2.Mengartikan ayat dan hadits tentang toleransi
3.4.3.Menjelaskan isi kandungan ayat dan hadits tentang toleransi
|
Silabus, RPP
dan Buku Ajar Sesuai
|
|
4.4.Mempresentasikan isi dan kandungan ayat-ayat Al-Qur'an dan hadis
tentang toleransi dan etika pergaulan pada Surah Al-Kafiruun: 1–6; Surah Yunus: 40–41; Surah Al-Kahfi: 29;
Surah Al-Hujurat: 10–13
dan hadis riwayat Ahmad
dari Ibnu
Abbas
|
4.4.1. Menerapkan isi dan kandungan ayat-ayat Al-Qur'an dan hadis
tentang toleransi dan etika pergaulan pada Surah Al-Kafiruun: 1–6; Surah Yunus: 40–41; Surah Al-Kahfi: 29;
Surah Al-Hujurat: 10–13
dan hadis riwayat Ahmad
dari Ibnu
Abbas
|
4.4.Mempresentasikan isi dan kandungan ayat-ayat Al-Qur'an dan hadis
tentang toleransi dan etika pergaulan pada Surah Al-Kafiruun: 1–6; Surah Yunus: 40–41; Surah Al-Kahfi: 29;
Surah Al-Hujurat: 10–13
dan hadis riwayat Ahmad
dari Ibnu
Abbas
|
4.4.1. Menerapkan isi dan kandungan ayat-ayat Al-Qur'an dan hadis
tentang toleransi dan etika pergaulan pada Surah Al-Kafiruun: 1–6; Surah Yunus: 40–41; Surah Al-Kahfi: 29;
Surah Al-Hujurat: 10–13
dan hadis riwayat Ahmad
dari Ibnu
Abbas
|
Silabus, RPP
dan Buku Ajar Sesuai
|
|
|
|||||
1.5. Menghayati nilai-nilai keilmuan
|
1.5.1. Membiasakan diri menanamkan nilai-nilai
keilmuan
|
1.5. Menghayati nilai-nilai keilmuan
|
1.5.1. Membiasakan diri menanamkan nilai-nilai
keilmuan
|
BAB V
Hidup Menjadi Lebih Mudah dengan Ilmu Pengetahuan
Buku Siswa
Al-Quran Hadist Kelas XI /Kemeterian Agama,-Jakarta : Kementerian Agama
Cetakan Ke-1 Tahun 2015.
Hlm.62-71
|
Silabus, RPP
dan Buku Ajar Sesuai
|
2.5.Menunjukkan sikap
semangat menuntut ilmu dan menyampaikannya
kepada sesama sebagai implementasi dari
pemahaman Surah At-
Taubah (9): 122, Surah
Al-Mujadalah: 11 dan hadis riwayat Ibnu Majah dari Anas bin Malik dan
hadis
riwayat Al-Bukhari
dari Abdullah bin Amr
|
2.5.1.Mengimplementasikan sikap semangat menuntut ilmu
dan menyampaikannya
kepada sesama sebagai implementasi dari
pemahaman Surah At-
Taubah (9): 122, Surah
Al-Mujadalah: 11 dan hadis riwayat Ibnu Majah dari Anas bin Malik dan
hadis
riwayat Al-Bukhari
dari Abdullah bin Amr
|
2.5.Menunjukkan sikap
semangat menuntut ilmu dan menyampaikannya
kepada sesama sebagai implementasi dari
pemahaman Surah At-
Taubah (9): 122, Surah
Al-Mujadalah: 11 dan hadis riwayat Ibnu Majah dari Anas bin Malik dan
hadis
riwayat Al-Bukhari
dari Abdullah bin Amr
|
2.5.1.Mengimplementasikan sikap semangat menuntut ilmu
dan menyampaikannya
kepada sesama sebagai implementasi dari
pemahaman Surah At-
Taubah (9): 122, Surah
Al-Mujadalah: 11 dan hadis riwayat Ibnu Majah dari Anas bin Malik dan
hadis
riwayat Al-Bukhari
dari Abdullah bin Amr
|
Silabus, RPP
dan Buku Ajar Sesuai
|
|
3.5. Memahami ayat-ayat Al-Qur’an dan hadis tentang kewajiban menuntut ilmu dan
menyampaikannya kepada sesama pada Surah At-Taubah (9):
122, Surah Al-Mujadalah: 11
dan
hadis
riwayat Ibnu Majah dari Anas bin Malik dan
hadis
riwayat Bukhari
dari Abdullah bin Amr
|
3.5.1. Mengingat ayat-ayat Al-Qur’an dan hadis tentang kewajiban menuntut ilmu dan menyampaikannya kepada sesama
3.5.2. Menafsirkan ayat-ayat Al-Qur’an dan hadis tentang kewajiban menuntut ilmu dan menyampaikannya kepada sesama
3.5.3. Menjelaskan ayat-ayat Al-Qur’an dan hadis tentang kewajiban menuntut ilmu dan menyampaikannya kepada sesama
|
3.5. Memahami ayat-ayat Al-Qur’an dan hadis tentang kewajiban menuntut ilmu dan
menyampaikannya kepada sesama pada Surah At-Taubah (9):
122, Surah Al-Mujadalah: 11
dan
hadis
riwayat Ibnu Majah dari Anas bin Malik dan
hadis
riwayat Bukhari
dari Abdullah bin Amr
|
3.5.1. Mengingat ayat-ayat Al-Qur’an dan hadis tentang kewajiban menuntut ilmu dan menyampaikannya kepada sesama
3.5.2. Menafsirkan ayat-ayat Al-Qur’an dan hadis tentang kewajiban menuntut ilmu dan menyampaikannya kepada sesama
3.5.3. Menjelaskan ayat-ayat Al-Qur’an dan hadis tentang kewajiban menuntut ilmu dan menyampaikannya kepada sesama
|
Silabus, RPP
dan Buku Ajar Sesuai
|
|
4.5. Menghafalkan arti per kata ayat-ayat
Al-Qur’an tentang semangat menuntut ilmu dan menyampaikannya pada sesama Surah At-Taubah (9):
122, Surah Al-Mujadalah: 11
dan
hadis
riwayat Ibnu Majah dari Anas bin Malik dan
hadis
riwayat Bukhari
dari Abdullah bin Amr
|
4.5.1. Mengingat arti per kata ayat-ayat Al-Qur’an tentang semangat menuntut ilmu dan menyampaikannya pada
sesama
4.5.2. Mengulang arti per kata
ayat-ayat Al-Qur’an tentang semangat menuntut ilmu dan menyampaikannya pada
sesama
4.5.3.Mengenali arti per kata ayat-ayat Al-Qur’an tentang semangat
menuntut ilmu dan menyampaikannya pada sesame
|
4.5. Menghafalkan arti per kata ayat-ayat
Al-Qur’an tentang semangat menuntut ilmu dan menyampaikannya pada sesama Surah At-Taubah (9):
122, Surah Al-Mujadalah: 11
dan
hadis
riwayat Ibnu Majah dari Anas bin Malik dan
hadis
riwayat Bukhari
dari Abdullah bin Amr
|
4.5.1. Mengingat arti per kata ayat-ayat Al-Qur’an tentang semangat menuntut ilmu dan menyampaikannya pada
sesama
4.5.2. Mengulang arti per kata
ayat-ayat Al-Qur’an tentang semangat menuntut ilmu dan menyampaikannya pada
sesama
4.5.3.Mengenali arti per kata ayat-ayat Al-Qur’an tentang semangat
menuntut ilmu dan menyampaikannya pada sesame
|
Silabus, RPP
dan Buku Ajar Sesuai
|
|
|
TELAAH MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
MATA PELAJARAN QUR’AN HADIST KELAS XI
SEMESTER GENAP KURIKULUM 2013
DI MA SALAFIYAH SYAF’IYAH HADIRUL ULUM ,
KEDUNGPEDATI-TASIKREJO-ULUJAMI-PEMALANG
SILABUS
|
RPP
|
BUKU AJAR
|
KETERANGAN
|
||
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
||
1.1.Menghayati
nilai-nilai tanggung jawab terhadap keluarga dan masyarakat
|
1.1.1.Membiasakan diri menanamkan nilai-nilai tanggung jawab
terhadap keluarga dan masyarakat
|
1.1.Menghayati
nilai-nilai tanggung jawab terhadap keluarga dan masyarakat
|
1.1.1.Membiasakan diri menanamkan nilai-nilai tanggung jawab
terhadap keluarga dan masyarakat
|
BAB I
Betapa
Besarnya Tanggung jawabku terhadap keluarga dan masyarakat
Buku Siswa
Al-Quran Hadist Kelas XI /Kemeterian Agama,-Jakarta : Kementerian Agama
Cetakan Ke-1 Tahun 2015.
Hlm.74-89
|
Silabus, RPP
dan Buku Ajar Sesuai
|
2.1. Menunjukkan perilaku tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat sebagai implementasi dari pemahaman QS. at-Tahriim [66]: 6, surahThaahaa [20]: 132, al-An’aam
[6]: 70, an-Nisaa’[4]: 36, Huud [11] : 117-119 dan
hadis riwayat Al-Bukhari dari
Abdullah bin Umar ,H.R.
Abu Dawud dari Ar-Rabi’ bin Sabrah dan
hadis
riwayat oleh Al- Bukhari dan Muslim
dari Abu Hurairah
|
2.1.1.Mengimplementasikan perilaku tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat sebagaiimplementasi dari pemahaman QS. at-Tahriim [66]: 6, surahThaahaa [20]: 132, al-An’aam
[6]: 70, an-Nisaa’[4]: 36, Huud [11] : 117-119 dan
hadis riwayat Al-Bukhari dari Abdullah bin Umar ,H.R.
Abu Dawud dari Ar-Rabi’ bin Sabrah dan
hadis
riwayat oleh Al- Bukhari dan Muslim
dari Abu Hurairah
|
2.1. Menunjukkan perilaku tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat sebagai implementasi dari pemahaman QS. at-Tahriim [66]: 6, surahThaahaa [20]: 132, al-An’aam
[6]: 70, an-Nisaa’[4]: 36, Huud [11] : 117-119 dan
hadis riwayat Al-Bukhari dari Abdullah bin Umar ,H.R.
Abu Dawud dari Ar-Rabi’ bin Sabrah dan
hadis
riwayat oleh Al- Bukhari dan Muslim
dari Abu Hurairah
|
2.1.1.Mengimplementasikan perilaku tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat sebagaiimplementasi dari pemahaman QS. at-Tahriim [66]: 6, surahThaahaa [20]: 132, al-An’aam
[6]: 70, an-Nisaa’[4]: 36, Huud [11] : 117-119 dan
hadis riwayat Al-Bukhari dari Abdullah bin Umar ,H.R.
Abu Dawud dari Ar-Rabi’ bin Sabrah dan
hadis
riwayat oleh Al- Bukhari dan Muslim
dari Abu Hurairah
|
Silabus, RPP
dan Buku Ajar Sesuai
|
|
3.1.
Memahami ayat-ayat al-Qur'an tentang
tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat yang
terdapat pada QS. at-Tahriim [66]: 6, surahThaahaa [20]: 132, al-An’aam [6]: 70, an-Nisaa’[4]:
36, Huud [11] : 117-119 dan hadis riwayat Al-Bukhari dari Abdullah bin Umar ,H.R.
Abu Dawud dari Ar-Rabi’ bin Sabrah dan
hadis
riwayat oleh Al- Bukhari dan Muslim
dari Abu Hurairah
|
3.1.1.Membaca ayat dan hadist tersebut
3.1.2.Menyebutkan makna mufradat ayat dan
hadist tersebut
3.1.3.Menyebutkan makna keseluruhan ayat dan hadis tersebut
3.1.4.Menjelaskan kandungan ayat dan
hadist tesebut.
3.1.5.Peserta didik dapat menyimpulkan
isi kandungan ayat dan hadist terebut
|
3.1.
Memahami ayat-ayat al-Qur'an tentang
tanggung jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat yang
terdapat pada QS. at-Tahriim [66]: 6, surahThaahaa [20]: 132, al-An’aam [6]: 70, an-Nisaa’[4]:
36, Huud [11] : 117-119 dan hadis riwayat Al-Bukhari dari Abdullah bin Umar ,H.R.
Abu Dawud dari Ar-Rabi’ bin Sabrah dan
hadis
riwayat oleh Al- Bukhari dan Muslim
dari Abu Hurairah
|
3.1.1.Membaca ayat dan hadist tersebut
3.1.2.Menyebutkan makna mufradat ayat dan
hadist tersebut
3.1.3.Menyebutkan makna keseluruhan ayat dan hadis tersebut
3.1.4.Menjelaskan kandungan ayat dan
hadist tesebut.
3.1.5.Peserta didik dapat menyimpulkan
isi kandungan ayat dan hadist terebut
|
Silabus, RPP
dan Buku Ajar Sesuai
|
|
4.1.Mendemonstrasikan
hafalan dan arti per kata ayat al-Qur'an dan Hadis tentang tanggung
jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat yang
terdapat pada QS. at-Tahriim [66]: 6, surahThaahaa [20]: 132, al-An’aam [6]: 70, an-Nisaa’[4]:
36, Huud [11] : 117-119 dan hadis
|
4.1.1. Menunjukkan
perilaku tanggung jawab terhadap keluarga dan masyarakat
|
4.1.Mendemonstrasikan
hafalan dan arti per kata ayat al-Qur'an dan Hadis tentang tanggung
jawab manusia terhadap keluarga dan masyarakat yang
terdapat pada QS. at-Tahriim [66]: 6, surahThaahaa [20]: 132, al-An’aam [6]: 70, an-Nisaa’[4]:
36, Huud [11] : 117-119 dan hadis
|
4.1.1. Menunjukkan
perilaku tanggung jawab terhadap keluarga dan masyarakat
|
Silabus, RPP
dan Buku Ajar Sesuai
|
|
|
|||||
1.2. Menghayati
nilai-nilai kompetitif dan kerjasama dalam kebaikan
|
1.2.1. Membiasakan menanamkan nilai-nilai kompetitif
dan kerjasama dalam kebaikan
|
1.2. Menghayati
nilai-nilai kompetitif dan kerjasama dalam kebaikan
|
1.2.1. Membiasakan menanamkan nilai-nilai kompetitif
dan kerjasama dalam kebaikan
|
BAB II
Betapa Semangatnya Aku Berkompetisi dalam Kebaikan
Buku Siswa
Al-Quran Hadist Kelas XI /Kemeterian Agama,-Jakarta : Kementerian Agama
Cetakan Ke-1 Tahun 2015.
Hlm.91-102
|
Silabus, RPP
dan Buku Ajar Sesuai
|
2.2. Menunjukkan sikap kompetitif dalam kebaikan sebagai pemahaman atas QS.
al-Baqarah [2]:148, QS. al-Faathir [35]: 32, QS. an-Nahl [16]: 97, dan Hadis Riwayat Ibnu Majah dari Jabir bin
Abdullah
|
2.2.1.Mengimplementasikan 2.2. Menunjukkan sikap kompetitif dalam kebaikan sebagai pemahaman atas QS.
al-Baqarah [2]:148, QS. al-Faathir [35]: 32, QS. an-Nahl [16]: 97, dan Hadis Riwayat Ibnu Majah dari Jabir bin
Abdullah
|
2.2. Menunjukkan sikap kompetitif dalam kebaikan sebagai pemahaman atas QS.
al-Baqarah [2]:148, QS. al-Faathir [35]: 32, QS. an-Nahl [16]: 97, dan Hadis Riwayat Ibnu Majah dari Jabir bin
Abdullah
|
2.2.1.Mengimplementasikan 2.2. Menunjukkan sikap kompetitif dalam kebaikan sebagai pemahaman atas QS.
al-Baqarah [2]:148, QS. al-Faathir [35]: 32, QS. an-Nahl [16]: 97, dan Hadis Riwayat Ibnu Majah dari Jabir bin
Abdullah
|
Silabus, RPP
dan Buku Ajar Sesuai
|
|
3.2. Memahami
ayat-ayat al-Qur'an dan hadis tentang kompetisi dalam kebaikan QS. alBaqarah
[2]:148, QS. al-Faathir
[35]: 32, QS. an-Nahl [16]: 97, dan Hadis
Riwayat Ibnu
Majah dari Jabir bin Abdullah.
|
3.2.1. Membaca ayat dan
hadist tersebut
3.2.2.Menyebutkan makna mufradat ayat dan hadist tersebut
3.2.3.Menjelaskan kandungan ayat dan hadist tersebut
|
3.2. Memahami
ayat-ayat al-Qur'an dan hadis tentang kompetisi dalam kebaikan QS. alBaqarah
[2]:148, QS. al-Faathir
[35]: 32, QS. an-Nahl [16]: 97, dan Hadis
Riwayat Ibnu
Majah dari Jabir bin Abdullah.
|
3.2.1. Membaca ayat dan
hadist tersebut
3.2.2.Menyebutkan makna mufradat ayat dan hadist tersebut
3.2.3.Menjelaskan kandungan ayat dan hadist tersebut
|
Silabus, RPP
dan Buku Ajar Sesuai
|
|
4.2.Mendemonstrasikan
hafalan dan arti per kata ayat al-Qur'an dan Hadis tentang kompetisi dalam
kebaikan QS. al-Baqarah
[2]:148, QS. al-Faathir
[35]: 32, QS. an-Nahl [16]: 97, dan Hadis
Riwayat Ibnu
Majah dari Jabir bin Abdullah
|
4.2.1. Menunjukkan
perilaku kompetisi dalam kebaikan
|
4.2.Mendemonstrasikan
hafalan dan arti per kata ayat al-Qur'an dan Hadis tentang kompetisi dalam
kebaikan QS. al-Baqarah
[2]:148, QS. al-Faathir
[35]: 32, QS. an-Nahl [16]: 97, dan Hadis
Riwayat Ibnu
Majah dari Jabir bin Abdullah
|
4.2.1. Menunjukkan
perilaku kompetisi dalam kebaikan
|
Silabus, RPP
dan Buku Ajar Sesuai
|
|
|
|||||
1.3. Menghayati
nilai-nilai etos kerja dalam kehidupan sehari-hari.
|
1.3.1. Membiasakan diri menanamkan nilai-nilai
etos kerja dalam kehidupan sehari-hari.
|
1.3. Menghayati
nilai-nilai etos kerja dalam kehidupan sehari-hari.
|
1.3.1. Membiasakan diri menanamkan nilai-nilai
etos kerja dalam kehidupan sehari-hari.
|
BAB III
Betapa Giatnya Aku Bekerja (Etos Kerja)
Buku Siswa
Al-Quran Hadist Kelas XI /Kemeterian Agama,-Jakarta : Kementerian Agama
Cetakan Ke-1 Tahun 2015.
Hlm.104-114
|
Silabus, RPP
dan Buku Ajar Sesuai
|
2.3. Memiliki etos
kerja yang tinggi sebagai implementasi QS. al-Jumuu’ah [62]: 9-11; QS.
al-Qashash [28]: 77, dan hadis riwayat Ibnu Majah dari
Miqdam bin Ma’di kariba dan hadis riwayat Ibnu
Majah dari Hisyam bin Urwah dari ayahnya dari
kakeknya
|
2.3.1.Mengimplementasikan etos kerja yang tinggi sebagai
implementasi QS. al-Jumuu’ah [62]: 9-11; QS. al-Qashash [28]:
77, dan hadis riwayat Ibnu Majah dari
Miqdam bin Ma’di kariba dan hadis riwayat Ibnu
Majah dari Hisyam bin Urwah dari ayahnya dari
kakeknya
|
2.3. Memiliki etos
kerja yang tinggi sebagai implementasi QS. al-Jumuu’ah [62]: 9-11; QS.
al-Qashash [28]: 77, dan hadis riwayat Ibnu Majah dari
Miqdam bin Ma’di kariba dan hadis riwayat Ibnu
Majah dari Hisyam bin Urwah dari ayahnya dari
kakeknya
|
2.3.1.Mengimplementasikan etos kerja yang tinggi sebagai
implementasi QS. al-Jumuu’ah [62]: 9-11; QS. al-Qashash [28]:
77, dan hadis riwayat Ibnu Majah dari
Miqdam bin Ma’di kariba dan hadis riwayat Ibnu
Majah dari Hisyam bin Urwah dari ayahnya dari
kakeknya
|
Silabus, RPP
dan Buku Ajar Sesuai
|
|
3.3. Memahami
ayat-ayat al-Qur'an dan hadis tentang etos kerja pada QS. al-Jumuu’ah [62]:
9-11; QS. al-Qashash [28]: 77,
dan riwayat Ibnu Majah dari
Miqdam bin Ma’di kariba dan hadis riwayat Ibnu
Majah dari Hisyam bin Urwah dari ayahnya dari
kakeknya.
|
3.3.1. Membaca ayat dan
hadist tersebut
3.3.2.Menyebutkan makna mufradat ayat dan hadist tersebut
|
3.3. Memahami
ayat-ayat al-Qur'an dan hadis tentang etos kerja pada QS. al-Jumuu’ah [62]:
9-11; QS. al-Qashash [28]: 77,
dan riwayat Ibnu Majah dari
Miqdam bin Ma’di kariba dan hadis riwayat Ibnu
Majah dari Hisyam bin Urwah dari ayahnya dari
kakeknya.
|
3.3.1. Membaca ayat dan
hadist tersebut
3.3.2.Menyebutkan makna mufradat ayat dan hadist tersebut
|
Silabus, RPP
dan Buku Ajar Sesuai
|
|
4.3.Mendemonstrasikan
hafalan dan arti per kata ayat al-Qur'an dan Hadis tentang etos kerja pada QS. al-Jumuu’ah
[62]: 9-11; QS. al-Qashash [28]: 77, dan riwayat Ibnu Majah dari
Miqdam bin Ma’di kariba dan hadis riwayat Ibnu
Majah dari Hisyam bin Urwah dari ayahnya dari
kakeknya.
|
4.3.1. Menjelaskan
kandungan ayat dan
hadist tersebut
4.3.2.Menunjukkan perilaku etos kerja dalam kehidupan
sehari-hari.
|
4.3.Mendemonstrasikan
hafalan dan arti per kata ayat al-Qur'an dan Hadis tentang etos kerja pada QS. al-Jumuu’ah
[62]: 9-11; QS. al-Qashash [28]: 77, dan riwayat Ibnu Majah dari
Miqdam bin Ma’di kariba dan hadis riwayat Ibnu
Majah dari Hisyam bin Urwah dari ayahnya dari
kakeknya.
|
4.3.1. Menjelaskan
kandungan ayat dan
hadist tersebut
4.3.2.Menunjukkan perilaku etos kerja dalam kehidupan
sehari-hari.
|
Silabus, RPP
dan Buku Ajar Sesuai
|
|
|
|||||
1.4. Menghayati
nilai-nilai selektif terhadap makanan.
|
1.4.1. Membiasakan diri menanamkan nilai-nilai
selektif terhadap makanan.
|
1.4. Menghayati
nilai-nilai selektif terhadap makanan.
|
1.4.1. Membiasakan diri menanamkan nilai-nilai
selektif terhadap makanan.
|
BAB IV
Hidup Lebih Sehat dengan Makanan yang Halal dan Baik
Buku Siswa
Al-Quran Hadist Kelas XI /Kemeterian Agama,-Jakarta : Kementerian Agama
Cetakan Ke-1 Tahun 2015.
Hlm.118-131
|
Silabus, RPP
dan Buku Ajar Sesuai
|
2.4. Memiliki
sikap selektif terhadap makanan dengan memilih makanan yang halal dan baik
sebagai implementasi dari pemahaman QS. Al-Baqarah [2]:168-169, al-Baqarah
[2]: 172-173, dan hadis riwayat Abu
Dawud dari Ma’di kariba
dan hadis riwayat At- Tirmizi dari Abu Hurairah
|
2.4.1.Mengimplementasikan sikap toleransi dan
menjunjung tinggi etika pergaulan
|
2.4. Memiliki
sikap selektif terhadap makanan dengan memilih makanan yang halal dan baik
sebagai implementasi dari pemahaman QS. Al-Baqarah [2]:168-169, al-Baqarah
[2]: 172-173, dan hadis riwayat Abu
Dawud dari Ma’di kariba
dan hadis riwayat At- Tirmizi dari Abu Hurairah
|
2.4.1.Mengimplementasikan sikap toleransi dan
menjunjung tinggi etika pergaulan
|
Silabus, RPP
dan Buku Ajar Sesuai
|
|
3.4. Memahami
ayat-ayat al-Qur’an dan hadis tentang makanan yang halal dan baik pada QS.
Al-Baqarah [2]:168-169, al-Baqarah [2]: 172-173, dan hadis riwayat Abu
Dawud dari Ma’di kariba
dan hadis riwayat At- Tirmizi dari Abu Hurairah.
|
3.4.1. Mempelajari ayat
dan hadist tersebut.
3.4.2. Menjelaskan kandungan ayat
dan hadist tesebut
|
3.4. Memahami
ayat-ayat al-Qur’an dan hadis tentang makanan yang halal dan baik pada QS.
Al-Baqarah [2]:168-169, al-Baqarah [2]: 172-173, dan hadis riwayat Abu
Dawud dari Ma’di kariba
dan hadis riwayat At- Tirmizi dari Abu Hurairah.
|
3.4.1. Mempelajari ayat
dan hadist tersebut.
3.4.2. Menjelaskan kandungan ayat
dan hadist tesebut
|
Silabus, RPP
dan Buku Ajar Sesuai
|
|
4.4.Mendemonstrasikan hafalan dan arti
per kata ayat al-Qur’an dan Hadis tentang makanan yang halal dan baik pada
QS. Al-Baqarah [2]:168-169, al-Baqarah [2]: 172-173, dan hadis riwayat Abu Dawud dari Ma’di kariba
dan hadis riwayat At- Tirmizi dari Abu Hurairah.
|
4.4.1. Menghafal arti per kata
pada ayat dan hadist
tersebut
4.4.2.Menjelaskan makna
kandungan ayat dan hadist tersebut
4.4.3.Mengklasifikasikan
makanan yang halal dan baik berdasarkan ayat dan hadist tersebut
|
4.4.Mendemonstrasikan hafalan dan arti
per kata ayat al-Qur’an dan Hadis tentang makanan yang halal dan baik pada
QS. Al-Baqarah [2]:168-169, al-Baqarah [2]: 172-173, dan hadis riwayat Abu Dawud dari Ma’di kariba
dan hadis riwayat At- Tirmizi dari Abu Hurairah.
|
4.4.1. Menghafal arti per kata
pada ayat dan hadist
tersebut
4.4.2.Menjelaskan makna
kandungan ayat dan hadist tersebut
4.4.3.Mengklasifikasikan
makanan yang halal dan baik berdasarkan ayat dan hadist tersebut
|
Silabus, RPP
dan Buku Ajar Sesuai
|
|
|
|||||
1.5. Menghayati
rasa syukur atas nikmat Allah Swt
|
1.5.1. Membiasakan diri menanamkan rasa syukur
atas nikmat Allah Swt
|
1.5. Menghayati
rasa syukur atas nikmat Allah Swt
|
1.5.1. Membiasakan diri menanamkan rasa syukur
atas nikmat Allah Swt
|
BAB V
Betapa Besar
Syukurku Kepada-Mu
Buku Siswa
Al-Quran Hadist Kelas XI /Kemeterian Agama,-Jakarta : Kementerian Agama
Cetakan Ke-1 Tahun 2015.
Hlm.133-147
|
Silabus, RPP
dan Buku Ajar Sesuai
|
2.5. Menunjukkan perilaku mensyukuri nikmat Allah dalam kehidupan seharai-hari
sebagai implementasi dari pemahaman QS. al-Zukhruf [43]: 9-13, QS. al-’Ankabuut [29]:17, dan
hadis riwayat Ahmad dari Asy’ab bin
Qaisydan H.R. Abu
Dawud dari Abu Hurairah hadis riwayat Ahmad dari
Asy’ab bin Qaisy.
|
2.5.1.Mengimplementasikan perilaku
mensyukuri nikmat Allah dalam kehidupan seharai-hari sebagai implementasi
dari pemahaman QS. al-Zukhruf
[43]: 9-13, QS. al-’Ankabuut [29]:17, dan
hadis riwayat Ahmad dari Asy’ab bin
Qaisydan H.R. Abu
Dawud dari Abu Hurairah hadis riwayat Ahmad dari
Asy’ab bin Qaisy.
|
2.5. Menunjukkan perilaku mensyukuri nikmat Allah dalam kehidupan seharai-hari
sebagai implementasi dari pemahaman QS. al-Zukhruf [43]: 9-13, QS. al-’Ankabuut [29]:17, dan
hadis riwayat Ahmad dari Asy’ab bin
Qaisydan H.R. Abu
Dawud dari Abu Hurairah hadis riwayat Ahmad dari
Asy’ab bin Qaisy.
|
2.5.1.Mengimplementasikan perilaku
mensyukuri nikmat Allah dalam kehidupan seharai-hari sebagai implementasi
dari pemahaman QS. al-Zukhruf
[43]: 9-13, QS. al-’Ankabuut [29]:17, dan
hadis riwayat Ahmad dari Asy’ab bin
Qaisydan H.R. Abu
Dawud dari Abu Hurairah hadis riwayat Ahmad dari
Asy’ab bin Qaisy.
|
Silabus, RPP
dan Buku Ajar Sesuai
|
|
3.5. Memahami konsep syukur nikmat Allah pada QS. al-Zukhruf [43]: 9-13, QS. al-’Ankabuut [29]:17, dan
hadis riwayat Ahmad dari Asy’ab bin
Qaisydan H.R. Abu
Dawud dari Abu Hurairah hadis riwayat Ahmad dari
Asy’ab bin Qaisy.
|
3.5.1. Menghafal ayat dan
hadist tersebut
3.5.2.Menjelaskan konsep syukur nikmat Allah sebagaimana ayat dan hadist tersebut
|
3.5. Memahami konsep syukur nikmat Allah pada QS. al-Zukhruf [43]: 9-13, QS. al-’Ankabuut [29]:17, dan
hadis riwayat Ahmad dari Asy’ab bin
Qaisydan H.R. Abu
Dawud dari Abu Hurairah hadis riwayat Ahmad dari
Asy’ab bin Qaisy.
|
3.5.1. Menghafal ayat dan
hadist tersebut
3.5.2.Menjelaskan konsep syukur nikmat Allah sebagaimana ayat dan hadist tersebut
|
Silabus, RPP
dan Buku Ajar Sesuai
|
|
4.5.
Mengaplikasikan ayat-ayat al-Qur’an dan hadis tentang syukur nikmat Allah
berdasarkan pada QS. al-Zukhruf [43]: 9-13, QS. al-’Ankabuut [29]:17, dan
hadis riwayat Ahmad dari Asy’ab bin
Qaisydan H.R. Abu
Dawud dari Abu Hurairah hadis riwayat Ahmad dari
Asy’ab bin Qaisy.
|
4.5.1. Mempelajari ayat dan
hadist tersebut
4.5.2. Mengemukakan
perbuatan-perbuatan yang mencerminkan mensyukuri nikmat Allah sebagaimana
ayat dan hadist tersebut
4.5.3.Melaksanakan mensyukuri nikmat Allah
berdasarkan kandungan ayat dan hadist tersebut
|
4.5.
Mengaplikasikan ayat-ayat al-Qur’an dan hadis tentang syukur nikmat Allah
berdasarkan pada QS. al-Zukhruf [43]: 9-13, QS. al-’Ankabuut [29]:17, dan
hadis riwayat Ahmad dari Asy’ab bin
Qaisydan H.R. Abu
Dawud dari Abu Hurairah hadis riwayat Ahmad dari
Asy’ab bin Qaisy.
|
4.5.1. Mempelajari ayat dan
hadist tersebut
4.5.2. Mengemukakan
perbuatan-perbuatan yang mencerminkan mensyukuri nikmat Allah sebagaimana
ayat dan hadist tersebut
4.5.3.Melaksanakan mensyukuri nikmat Allah
berdasarkan kandungan ayat dan hadist tersebut
|
Silabus, RPP
dan Buku Ajar Sesuai
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar