Senin, 16 April 2018

Telaah Silabus dan RPP Qur'an Hadist Kelas XI MA Kurikulum 2013


TELAAH MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
MATA PELAJARAN QUR’AN HADIST KELAS XI MA SEMESTER GANJIL
DI MADSARAH ALIYAH SALAFIYAH SYAFI’IYAH HADIRUL ULUM ULUJAMI PEMALANG

Kurikulum
Silabus
RPP
Buku Ajar
1.        Menghormati dan Mematuhi Orang Tua dan Guru
1.1.   Menghayati nilai-nilai yang terkait dengan taat pada orang tua dan guru sebagaimana tuntunan Al-Qur’an dan hadis
1.1.1.      Menghayati nilai-nilai yang terkait dengan taat pada orang tua dan guru sebagaimana tuntunan Al-Qur’an dan hadis
BAB I.  Hidup bekah dengan menghormati dan mematuhi orang tua dan guru
1.2.   Menunjukkan perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru sebagai implementasi dari pemahaman Surah  al-Isra’ (17): 23–24; Surah  Lukman (31): 13–17; hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah, hadis riwayat Al-Bukhari dan Muslim dari Abdullah bin Amru
1.2.1.      Menunjukkan perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru sebagai implementasi dari pemahaman Surah  al-Isra’ (17): 23–24; Surah  Lukman (31): 13–17; hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah, hadis riwayat Al-Bukhari dan Muslim dari Abdullah bin Amru
1.3.   Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru pada Surah  al-Isra’ (17) :23–24; Surah  Lukman (31): 13–17; hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah, hadis riwayat Al-Bukhari dan Muslim dari Abdullah bin Amru
1.3.1.      Menerjemahkan ayat-ayat Al-Qur’an tentang perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru pada Surah  al-Isra’ (17) :23–24; Surah  Lukman (31): 13–17; hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah
1.3.2.      Menjelaskan isi kandungan ayat-ayat Al-Qur’an tentang perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru pada Surah  al-Isra’ (17) :23–24; Surah  Lukman (31): 13–17; hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah
1.3.3.      Menafsirkan ayat-ayat Al-Qur’an tentang perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru pada Surah  al-Isra’ (17) :23–24; Surah  Lukman (31): 13–17; hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah
1.4.   Menghafalkan ayat-ayat Al-Qur’an tentang perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru pada Surah  al-Isra’ (17): 23–24; Surah  Lukman (31): 13–17; hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah, hadis riwayat Al-Bukhari dan Muslim dari Abdullah bin Amru

1.4.1.      Melafalkan dengan fasih ayat-ayat Al-Qur’an tentang perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru pada Surah  al-Isra’ (17) :23–24; Surah  Lukman (31): 13–17; hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah
1.4.2.      Melafalkan denga lancar ayat-ayat Al-Qur’an tentang perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru pada Surah  al-Isra’ (17) :23–24; Surah  Lukman (31): 13–17; hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah
1.4.3.      Melafalkan denga benar ayat-ayat Al-Qur’an tentang perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru pada Surah  al-Isra’ (17) :23–24; Surah  Lukman (31): 13–17; hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah
2.      Muahadatun Nafs, Husnuz Zann, dan Ukhuwah
2.1.   Menghayati nilai-nilai yang terkait dengan mujahadah al-nafs, husnuzan dan ukhuwah
2.1.1.      Menghayati nilai-nilai yang terkait dengan mujahadah al-nafs, husnuzan dan ukhuwah
Bab II. Hidup Lebih damai dengan Mujahadatun Nafs, Husnuz Zann, dan Ukhuwah
2.2.   Menunjukkan perilaku kontrol diri (mujahadatun- nafs), prasangka baik (husnuz-zann), dan persaudaraan (ukhuwah) yang terdapat Surah Al- Anfal (8) : 72; Q.S. Al- Hujurat (49): 12,  Q.S. Al-Hujurat (49): 10; serta hadis riwayat Al- Bukhari dari Abu Hurairah
2.2.1.      Menunjukkan perilaku kontrol diri (mujahadatun- nafs), prasangka baik (husnuz-zann), dan persaudaraan (ukhuwah) yang terdapat Surah Al- Anfal (8) : 72; Q.S. Al- Hujurat (49): 12,  Q.S. Al-Hujurat (49): 10; serta hadis riwayat Al- Bukhari dari Abu Hurairah
2.3.   Memahami manfaat dan hikmah kontrol diri (mujahadatun-nafs), prasangka baik (husnuz- zann), dan persaudaraan (ukhuwah) yang terdapat Surah Al-Anfal (8) : 72; Q.S. Al-Hujurat (49): 12,  Q.S. Al-Hujurat (49): 10)  serta hadis riwayat Al-Bukhari dari Abu Hurairah
2.3.1.      Mampu menjelaskan pengertian peerilaku kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah)
2.3.2.      Mampu menjelaskan manfaat kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah)
2.4.    Mempresentasikan isi dan kandungan ayat-ayat Al-Quran tentang kontrol diri (mujahadatun-nafs), prasangka baik (husnuz- zann), dan persaudaraan (ukhuwah) yang terdapat Surah Al-Anfal (8) : 72; Q.S. Al-Hujurat (49): 12, Q.S. Q.S. Al-Hujurat (49): 10)  serta hadis riwayat Al-Bukhari dari Abu Hurairah
2.4.1.      Mampu menunjukkan perilaku kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah)
2.4.2.      Menunjukkan perilaku orang yang meninggalkn kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah)

3.      Larangan Pergaulan Bebas dan Perbuatan Keji
3.1.   Menghayati nilai-nilai yang terkandung dalam Surah al-Isra’ (17): 32, dan Surah an-Nur (24):  2, dan hadis riwayat Al-Bukhari dari Abu Hurairah tentang  larangan pergaulan bebas dan perbuatan keji
3.1.1.      Menghayati nilai-nilai yang terkandung dalam Surah al-Isra’ (17): 32, dan Surah an-Nur (24):  2, dan hadis riwayat Al-Bukhari dari Abu Hurairah tentang  larangan pergaulan bebas dan perbuatan keji
BAB III. Hidup Jadi Tenang dengan Menghindari Pergaulan Bebas dan Perbuatan Keji
3.2.   Menunjukkan perilaku menghindarkan diri dari pergaulan bebas dan perbuatan keji sebagai implementasi dari pemahaman Surah al-Isra’ (17): 32, dan Surah an-Nur (24):  2, dan hadis riwayat Al-Bukhari dari Abu Hurairah
3.2.1.      Menunjukkan perilaku menghindarkan diri dari pergaulan bebas dan perbuatan keji sebagai implementasi dari pemahaman Surah al-Isra’ (17): 32, dan Surah an-Nur (24):  2, dan hadis riwayat Al-Bukhari dari Abu Hurairah
3.3.   Menganalisis  larangan pergaulan bebas dan perbuatan keji yang terdapat pada Surah al-Isra’ (17): 32, dan Surah an-Nur (24):  2, dan hadis riwayat Al-Bukhari dari Abu Hurairah

3.3.1.  Menghafalkan Q.S. Surah al-Isra’ (17): 32, dan Surah an-Nur (24):  2, dan hadis riwayat Al-  Bukhari dari Abu Hurairah tentang larangan pergaulan bebas dan perbuatan keji.
3.3.2.  Menterjemahkan arti perkata ayat-ayat Q.S. Surah al-Isra’ (17): 32, dan Surah an-Nur (24):  2, dan  hadis riwayat Al-  Bukhari dari Abu Hurairah tentang larangan pergaulan bebas dan perbuatan keji.
3.3.3.  Menjelaskan kandungan ayat Q.S. Surah al-Isra’ (17): 32, dan Surah an-Nur (24):  2, dan hadis riwayat Al-  Bukhari dari Abu Hurairah tentang larangan pergaulan bebas dan perbuatan keji.
3.4.   Mendemonstrasikan arti per kata ayat-ayat Al-Qur’an tentang larangan pergaulan bebas dan perbuatan keji yang terdapat pada Surah al-Isra’ (17): 32, dan Surah an-Nur (24):  2, dan hadis riwayat Al-Bukhari dari Abu Hurairah
3.4.1.      Menghafal arti per kata ayat-ayat Al-Qur’an tentang larangan pergaulan bebas dan perbuatan keji yang terdapat pada Surah al-Isra’ (17): 32, dan Surah an-Nur (24):  2, dan hadis riwayat Al-Bukhari dari Abu Hurairah

4.      Toleransi dan Etika dalam Pergaulan
4.1.    Menghayati nilai-nilai toleransi intern umat beragama dan antar umat beragama
4.1.1.      Menghayati nilai-nilai toleransi intern umat beragama dan antar umat beragama
BAB IV. Indahnya Hidupku dengan Menjaga Toleransi dan Etika dalam Pergaulan
4.2.   Memiliki sikap toleransi dan menjunjung tinggi etika pergaulan
4.2.1.      Memiliki sikap toleransi dan menjunjung tinggi etika pergaulan
4.3.    Memahami ayat-ayat dan hadis tentang toleransi dan etika pergaulan pada Surah Al- Kafiruun: 1–6; Surah Yunus: 40–41; Surah  Al- Kahfi: 29; Surah  Al- Hujurat: 10–13 dan hadis riwayat Ahmad dari Ibnu Abbas
4.3.1.      Menyebutkan ayat dan hadits tentang toleransi
4.3.2.      Mengartikan ayat dan hadits tentang toleransi
4.3.3.      Menjelaskan isi kandungan ayat dan hadits tentang toleransi
4.4. Mempresentasikan isi dan kandungan ayat-ayat Al-Qur'an dan hadis tentang toleransi dan etika pergaulan pada Surah Al-Kafiruun: 16; Surah Yunus: 40–41; Surah Al-Kahfi: 29; Surah Al-Hujurat: 10–13 dan hadis riwayat Ahmad dari Ibnu Abbas

4.4.1.  Menerapkan isi dan kandungan ayat-ayat Al-Qur'an dan hadis tentang toleransi dan etika pergaulan pada Surah Al-Kafiruun: 16; Surah Yunus: 40–41; Surah Al-Kahfi: 29; Surah Al-Hujurat: 10–13 dan hadis riwayat Ahmad dari Ibnu Abbas
5.      Nilai-Nilai Ilmu Pengetahuan
5.1. Menghayati nilai-nilai keilmuan
5.1.1.      Menghayati nilai-nilai keilmuan
BAB V. Hidup Menjadi Lebih Mudah dengan Ilmu Pengetahuan
5.2.    Menunjukkan sikap semangat menuntut ilmu dan menyampaikannya kepada sesama sebagai implementasi dari pemahaman Surah At- Taubah (9): 122, Surah Al-Mujadalah: 11  dan hadis riwayat Ibnu Majah dari Anas bin Malik dan hadis riwayat Al-Bukhari dari Abdullah bin Amr

5.2.1.      Menunjukkan sikap semangat menuntut ilmu dan menyampaikannya kepada sesama sebagai implementasi dari pemahaman Surah At- Taubah (9): 122, Surah Al-Mujadalah: 11  dan hadis riwayat Ibnu Majah dari Anas bin Malik dan hadis riwayat Al-Bukhari dari Abdullah bin Amr
5.3.    Memahami ayat-ayat Al-Qur’an dan hadis tentang kewajiban menuntut ilmu dan menyampaikannya kepada sesama pada Surah At-Taubah (9): 122, Surah  Al-Mujadalah: 11    dan hadis riwayat Ibnu Majah dari Anas bin Malik dan hadis riwayat Bukhari dari Abdullah bin Amr

5.3.1.      Mengingat ayat-ayat Al-Qur’an dan hadis tentang kewajiban menuntut ilmu dan menyampaikannya kepada sesama
5.3.2.      Menafsirkan ayat-ayat Al-Qur’an dan hadis tentang kewajiban menuntut ilmu dan menyampaikannya kepada sesama
5.3.3.      Menjelaskan ayat-ayat Al-Qur’an dan hadis tentang kewajiban menuntut ilmu dan menyampaikannya kepada sesama
5.4.   Menghafalkan arti per kata ayat-ayat Al-Qur’an tentang semangat menuntut ilmu dan menyampaikannya pada sesama Surah At-Taubah (9): 122, Surah  Al-Mujadalah: 11    dan hadis riwayat Ibnu Majah dari Anas bin Malik dan hadis riwayat Bukhari dari Abdullah bin Amr

5.4.1.      Mengingat arti per kata ayat-ayat Al-Qur’an tentang semangat menuntut ilmu dan menyampaikannya pada sesama
5.4.2.      Mengulang  arti per kata ayat-ayat Al-Qur’an tentang semangat menuntut ilmu dan menyampaikannya pada sesama
5.4.3.      Mengenali arti per kata ayat-ayat Al-Qur’an tentang semangat menuntut ilmu dan menyampaikannya pada sesama



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Halaman