TELAAH MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
MATA PELAJARAN QUR’AN HADIST KELAS XI MA
SEMESTER GANJIL
DI MADSARAH ALIYAH SALAFIYAH SYAFI’IYAH
HADIRUL ULUM ULUJAMI PEMALANG
Kurikulum
|
Silabus
|
RPP
|
Buku Ajar
|
1.
Menghormati
dan Mematuhi Orang Tua dan Guru
|
1.1.
Menghayati nilai-nilai yang terkait dengan taat pada
orang tua dan guru sebagaimana tuntunan Al-Qur’an dan hadis
|
1.1.1.
Menghayati nilai-nilai yang terkait dengan taat pada
orang tua dan guru sebagaimana tuntunan Al-Qur’an dan hadis
|
BAB I. Hidup bekah dengan
menghormati dan mematuhi orang tua dan guru
|
1.2.
Menunjukkan perilaku hormat dan patuh kepada orang tua
dan guru sebagai implementasi dari pemahaman Surah al-Isra’
(17): 23–24; Surah Lukman (31): 13–17;
hadis riwayat Muslim dari
Abu Hurairah, hadis riwayat Al-Bukhari dan Muslim dari Abdullah bin
Amru
|
1.2.1. Menunjukkan perilaku hormat dan patuh kepada
orang tua dan guru sebagai implementasi dari pemahaman Surah al-Isra’
(17): 23–24; Surah Lukman (31): 13–17;
hadis riwayat Muslim dari
Abu Hurairah, hadis riwayat Al-Bukhari dan Muslim dari Abdullah bin
Amru
|
||
1.3. Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang
perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru pada Surah al-Isra’ (17) :23–24; Surah Lukman (31): 13–17; hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah, hadis riwayat Al-Bukhari dan Muslim dari Abdullah bin
Amru
|
1.3.1. Menerjemahkan ayat-ayat Al-Qur’an tentang perilaku hormat dan patuh
kepada orang tua dan guru pada Surah
al-Isra’ (17) :23–24; Surah
Lukman (31): 13–17; hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah
1.3.2. Menjelaskan isi kandungan ayat-ayat Al-Qur’an tentang perilaku hormat
dan patuh kepada orang tua dan guru pada Surah al-Isra’ (17) :23–24; Surah Lukman (31): 13–17; hadis riwayat Muslim
dari Abu Hurairah
1.3.3. Menafsirkan ayat-ayat Al-Qur’an tentang perilaku hormat dan patuh
kepada orang tua dan guru pada Surah
al-Isra’ (17) :23–24; Surah
Lukman (31): 13–17; hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah
|
||
1.4. Menghafalkan ayat-ayat Al-Qur’an tentang
perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru pada Surah
al-Isra’ (17): 23–24; Surah Lukman
(31): 13–17; hadis riwayat Muslim dari
Abu Hurairah, hadis riwayat Al-Bukhari dan Muslim dari Abdullah bin
Amru
|
1.4.1. Melafalkan dengan fasih ayat-ayat Al-Qur’an tentang perilaku hormat
dan patuh kepada orang tua dan guru pada Surah al-Isra’ (17) :23–24; Surah Lukman (31): 13–17; hadis riwayat Muslim
dari Abu Hurairah
1.4.2. Melafalkan denga lancar ayat-ayat Al-Qur’an tentang perilaku hormat
dan patuh kepada orang tua dan guru pada Surah al-Isra’ (17) :23–24; Surah Lukman (31): 13–17; hadis riwayat Muslim
dari Abu Hurairah
1.4.3. Melafalkan denga benar ayat-ayat Al-Qur’an tentang perilaku hormat dan patuh kepada orang tua
dan guru pada Surah al-Isra’ (17)
:23–24; Surah Lukman (31): 13–17;
hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah
|
||
2. Muahadatun Nafs, Husnuz Zann, dan Ukhuwah
|
2.1. Menghayati nilai-nilai yang terkait dengan
mujahadah al-nafs, husnuzan dan ukhuwah
|
2.1.1. Menghayati nilai-nilai yang terkait dengan
mujahadah al-nafs, husnuzan dan ukhuwah
|
Bab II. Hidup Lebih damai dengan Mujahadatun
Nafs, Husnuz Zann, dan Ukhuwah
|
2.2. Menunjukkan perilaku
kontrol diri (mujahadatun- nafs), prasangka baik (husnuz-zann), dan persaudaraan (ukhuwah) yang terdapat Surah Al- Anfal (8) : 72; Q.S.
Al- Hujurat (49): 12, Q.S.
Al-Hujurat (49): 10; serta hadis
riwayat Al- Bukhari dari Abu Hurairah
|
2.2.1. Menunjukkan perilaku
kontrol diri (mujahadatun- nafs), prasangka baik (husnuz-zann), dan persaudaraan (ukhuwah) yang terdapat Surah Al- Anfal (8) : 72; Q.S.
Al- Hujurat (49): 12, Q.S.
Al-Hujurat (49): 10; serta hadis
riwayat Al- Bukhari dari Abu Hurairah
|
||
2.3. Memahami manfaat
dan hikmah kontrol diri (mujahadatun-nafs), prasangka baik (husnuz- zann), dan persaudaraan (ukhuwah) yang terdapat
Surah Al-Anfal (8) : 72;
Q.S.
Al-Hujurat (49): 12, Q.S. Al-Hujurat
(49): 10) serta hadis
riwayat Al-Bukhari dari Abu Hurairah
|
2.3.1. Mampu menjelaskan pengertian peerilaku
kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan
persaudaraan (ukhuwah)
2.3.2. Mampu menjelaskan manfaat kontrol diri (mujahadah
an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah)
|
||
2.4.
Mempresentasikan
isi
dan kandungan ayat-ayat Al-Qur’an tentang kontrol diri
(mujahadatun-nafs),
prasangka baik (husnuz-
zann), dan persaudaraan (ukhuwah) yang terdapat
Surah Al-Anfal (8) : 72;
Q.S.
Al-Hujurat (49): 12,
Q.S.
Q.S. Al-Hujurat (49): 10) serta hadis
riwayat Al-Bukhari dari Abu Hurairah
|
2.4.1. Mampu menunjukkan perilaku kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan
persaudaraan (ukhuwah)
2.4.2.
Menunjukkan perilaku
orang yang meninggalkn kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan
persaudaraan (ukhuwah)
|
||
3. Larangan Pergaulan Bebas dan Perbuatan Keji
|
3.1. Menghayati nilai-nilai yang terkandung dalam
Surah al-Isra’ (17): 32, dan Surah an-Nur
(24): 2, dan hadis riwayat Al-Bukhari
dari Abu Hurairah tentang larangan pergaulan bebas dan perbuatan keji
|
3.1.1.
Menghayati nilai-nilai yang terkandung dalam Surah al-Isra’ (17): 32, dan Surah an-Nur
(24): 2, dan hadis riwayat Al-Bukhari
dari Abu Hurairah tentang larangan pergaulan bebas dan
perbuatan keji
|
BAB III. Hidup Jadi Tenang dengan
Menghindari Pergaulan Bebas dan Perbuatan Keji
|
3.2. Menunjukkan perilaku menghindarkan diri dari
pergaulan bebas dan perbuatan keji sebagai implementasi dari pemahaman Surah
al-Isra’ (17): 32, dan Surah an-Nur (24):
2, dan hadis riwayat Al-Bukhari dari Abu Hurairah
|
3.2.1.
Menunjukkan perilaku menghindarkan diri dari pergaulan
bebas dan perbuatan keji sebagai implementasi dari pemahaman Surah al-Isra’
(17): 32, dan Surah an-Nur (24): 2,
dan hadis riwayat Al-Bukhari dari Abu Hurairah
|
||
3.3. Menganalisis
larangan pergaulan bebas dan perbuatan keji yang terdapat pada Surah
al-Isra’ (17): 32, dan Surah an-Nur (24):
2, dan hadis riwayat Al-Bukhari dari Abu Hurairah
|
3.3.1. Menghafalkan Q.S. Surah al-Isra’ (17): 32, dan Surah an-Nur
(24): 2, dan hadis riwayat Al- Bukhari dari Abu Hurairah tentang larangan
pergaulan bebas dan perbuatan keji.
3.3.2. Menterjemahkan arti
perkata ayat-ayat Q.S. Surah al-Isra’ (17): 32, dan Surah an-Nur (24): 2, dan
hadis riwayat Al- Bukhari dari
Abu Hurairah tentang larangan pergaulan bebas dan perbuatan keji.
3.3.3.
Menjelaskan kandungan ayat Q.S. Surah al-Isra’ (17): 32, dan Surah an-Nur (24): 2, dan hadis riwayat Al- Bukhari dari Abu Hurairah tentang larangan
pergaulan bebas dan perbuatan keji.
|
||
3.4.
Mendemonstrasikan
arti per kata ayat-ayat Al-Qur’an tentang larangan pergaulan bebas dan
perbuatan keji yang terdapat pada Surah al-Isra’ (17): 32, dan Surah an-Nur (24): 2, dan hadis riwayat Al-Bukhari dari Abu
Hurairah
|
3.4.1.
Menghafal
arti per kata ayat-ayat Al-Qur’an tentang larangan pergaulan bebas dan
perbuatan keji yang terdapat pada Surah al-Isra’ (17): 32, dan Surah an-Nur (24): 2, dan hadis riwayat Al-Bukhari dari Abu
Hurairah
|
|
|
4. Toleransi dan Etika dalam Pergaulan
|
4.1. Menghayati nilai-nilai toleransi intern umat
beragama dan antar umat beragama
|
4.1.1.
Menghayati nilai-nilai toleransi intern umat beragama
dan antar umat beragama
|
BAB IV. Indahnya Hidupku dengan Menjaga Toleransi dan Etika dalam
Pergaulan
|
4.2.
Memiliki sikap toleransi dan menjunjung tinggi etika pergaulan
|
4.2.1.
Memiliki sikap toleransi dan menjunjung tinggi etika
pergaulan
|
||
4.3. Memahami ayat-ayat dan hadis tentang toleransi dan etika pergaulan pada Surah Al-
Kafiruun: 1–6; Surah
Yunus: 40–41;
Surah Al- Kahfi: 29; Surah
Al- Hujurat: 10–13 dan hadis
riwayat Ahmad dari Ibnu Abbas
|
4.3.1.
Menyebutkan
ayat dan hadits tentang toleransi
4.3.2.
Mengartikan
ayat dan hadits tentang toleransi
4.3.3.
Menjelaskan
isi kandungan ayat dan hadits tentang toleransi
|
||
4.4. Mempresentasikan isi
dan kandungan ayat-ayat Al-Qur'an dan hadis
tentang toleransi dan etika pergaulan pada Surah Al-Kafiruun: 1–6; Surah Yunus: 40–41; Surah Al-Kahfi: 29;
Surah Al-Hujurat: 10–13
dan hadis riwayat Ahmad
dari Ibnu
Abbas
|
4.4.1.
Menerapkan isi dan kandungan ayat-ayat Al-Qur'an dan hadis
tentang toleransi dan etika pergaulan pada Surah Al-Kafiruun: 1–6; Surah Yunus: 40–41; Surah Al-Kahfi: 29;
Surah Al-Hujurat: 10–13
dan hadis riwayat Ahmad
dari Ibnu
Abbas
|
||
5. Nilai-Nilai Ilmu Pengetahuan
|
5.1. Menghayati nilai-nilai keilmuan
|
5.1.1. Menghayati nilai-nilai keilmuan
|
BAB V. Hidup Menjadi Lebih Mudah dengan Ilmu
Pengetahuan
|
5.2. Menunjukkan sikap semangat menuntut ilmu
dan menyampaikannya
kepada sesama sebagai implementasi dari
pemahaman Surah At-
Taubah (9): 122, Surah
Al-Mujadalah: 11 dan hadis riwayat Ibnu Majah dari Anas bin Malik dan
hadis
riwayat Al-Bukhari
dari Abdullah bin Amr
|
5.2.1. Menunjukkan sikap semangat menuntut ilmu
dan menyampaikannya
kepada sesama sebagai implementasi dari
pemahaman Surah At-
Taubah (9): 122, Surah
Al-Mujadalah: 11 dan hadis riwayat Ibnu Majah dari Anas bin Malik dan
hadis
riwayat Al-Bukhari
dari Abdullah bin Amr
|
||
5.3. Memahami ayat-ayat
Al-Qur’an dan hadis tentang kewajiban menuntut ilmu dan
menyampaikannya kepada sesama pada Surah At-Taubah (9):
122, Surah Al-Mujadalah: 11
dan
hadis
riwayat Ibnu Majah dari Anas bin Malik dan
hadis
riwayat Bukhari
dari Abdullah bin Amr
|
5.3.1.
Mengingat ayat-ayat Al-Qur’an
dan hadis tentang kewajiban menuntut ilmu dan menyampaikannya kepada sesama
5.3.2.
Menafsirkan ayat-ayat Al-Qur’an
dan hadis tentang kewajiban menuntut ilmu dan menyampaikannya kepada sesama
5.3.3.
Menjelaskan ayat-ayat Al-Qur’an
dan hadis tentang kewajiban menuntut ilmu dan menyampaikannya kepada sesama
|
||
5.4. Menghafalkan arti per kata ayat-ayat
Al-Qur’an tentang semangat menuntut ilmu dan menyampaikannya pada sesama Surah At-Taubah (9):
122, Surah Al-Mujadalah: 11
dan
hadis
riwayat Ibnu Majah dari Anas bin Malik dan
hadis
riwayat Bukhari
dari Abdullah bin Amr
|
5.4.1. Mengingat arti per kata
ayat-ayat Al-Qur’an tentang semangat menuntut
ilmu dan menyampaikannya pada sesama
5.4.2. Mengulang arti per kata
ayat-ayat Al-Qur’an tentang semangat menuntut
ilmu dan menyampaikannya pada sesama
5.4.3. Mengenali arti per kata ayat-ayat Al-Qur’an
tentang semangat menuntut ilmu dan menyampaikannya pada sesama
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar